Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dengan fokus pada teknik dribbling bola basket fase D dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, penelitian ini melibatkan 15 siswa dalam uji coba skala kecil dan 30 siswa dalam uji coba skala besar. Materi pembelajaran dirancang berdasarkan Kurikulum Mandiri, disajikan melalui gambar ilustrasi dan animasi 3D yang terintegrasi ke dalam permainan video AR interaktif. Validasi oleh ahli materi dan ahli pemrograman menghasilkan hasil yang layak hingga sangat layak. Data pretest dan posttest yang dianalisis dengan rumus gain score menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan dribbling siswa, dengan skor gain rata-rata 0,64. Data kualitatif dari kuesioner dan observasi menunjukkan respons siswa yang positif, peningkatan motivasi, dan keterlibatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis AR efektif meningkatkan keterampilan dribbling bola basket dalam PJOK, berkontribusi pada integrasi inovatif teknologi AR dalam pendidikan olahraga.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 abi zaenaldin kusbiantoro

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Aji, T. S. (2023). Application of the problem-based learning learning model to improve basketball dribbling learning outcomes in class VIII-I students of SMP Negeri 1 Karanganyar. PHEDHERAL, 20(1), 16. https://doi.org/10.20961/phduns.v20i2.72292
- Al-Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah, S. (2022). PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA (Dalam Hadis-Hadis tentang olahraga). In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 3, Issue 2).
- Anantiwi, D. B. (2021). PENERAPAN TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PENDIDIKAN. In Seri Publikasi Pembelajaran (Vol. 1, Issue 2).
- Bashri, A., Puspitawati, R. P., & Sri, M. (2022). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY. 7(2), 212–217. https://smadahgresik.sch.id
- Bashri, A., Puspitawati, R. P., Sri, M., Jurusan, P., & Fmipa Unesa, B. (2022). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY. 7(2), 212–217. https://smadahgresik.sch.id
- Dermawansyah. (2023). MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN POLA KONSEP CIRCUIT TRAINING BALL DI SMPN 1 REJANG LEBONG.
- Devidson, M., Manalu, G. P., Usman, K., Abdurrahman, E., Olahraga, S. T., Kesehatan, D., Gnuna, B., & Alumunium, J. (2021). Analisis Pengetahuan Passing TerhadapKeterampilan Proses Bola Basket. 2. https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP
- Dwi Mukti, F. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) DI KELAS V MI WAHID HASYIM.
- Hodidjah. (2020). HUBUNGAN KONSEPTUAL DAN FUNGSIONAL ANTARA STRATEGI, METODE PEMBELAJARAN, PENDEKATAN , DAN MODEL PEMBELAJARAN. Jurnal Perspektif.
- Isman, A., Okra, R., Zakir, S., & Efriyanti, L. (2023). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI PENCAK SILAT BERBASIS AUGMENTED REALITY DI SMPN 1 KOTO XI TARUSAN KELAS VIII. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 1).
- Kogoya, K., Guntoro, T. S., & Putra, M. F. P. (2022). Sports Event Image, Satisfaction, Motivation, Stadium Atmosphere, Environment, and Perception: A Study on the Biggest Multi-Sport Event in Indonesia during the Pandemic. Social Sciences, 11(6). https://doi.org/10.3390/socsci11060241
- Luthfi, M., 1, F., Sudarmono, M., Pendidikan, J., Kesehatan, J., Rekreasi, D., & Keolahragaan, I. (2020). Indonesian Journal for Physical Education and Sport Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Menggunakan Media RAC (Reaction, Accuracy, Coordination). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes
- Maha, K., Pranata, A., Wahjoedi, H., Yogi, K., & Lesmana, P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket A R T I C L E I N F O. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82–90. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK
- Mahputra, A., Wisnu, H., Jasmani, P., Rekreasi, D., & Keolahragaan, I. (2020). Rendahnya Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Olahraga Dalam PJOK IDENTIFIKASI PENYEBAB RENDAHNYA MINAT SISWA TERHADAP EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMAN 11 SURABAYA. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive75
- Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
- Marufah, S., Pembelajaran, V., & Ritmik, G. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Model ADDIE pada Materi Aktivitas Gerak Ritmik Kelas XII Kata kunci. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
- MBoleng, L., MMFlora Babang, V., Louk, M. J., & Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, P. (2018). Analisis Perangkat Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SD Se Kota Kupang. Jurnal Muara Olahraga, 1(1).
- Nuraini, S. N. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 335–344. https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1446
- Pranata, C. A., Utami, E., Luthfi, E. T., & Amikom Yogyakarta, U. (2021). Marker Based Augmented Reality Pada Buku Poa Dengan Metode Fast Corner Detection.
- Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP).
- Resah Pratama, R., & Marsiyem. (2019). PENGEMBANGAN TEKNIK PEMBELAJARAN PASSING DADA PADA PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS VIII SMP.
- Rizali Rachim, M., & Salim, A. (2024). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PENDIDIKAN MODERN.
- Sahbudin, K., Sekolah, H., Agama, T., Rokan, I., Batu, B., & Hilir, R. (2021). Konsep Dasar Pembelajaran. In Journal of Islamic Education El Madani (Vol. 1).
- Sánchez-Díaz, S., Yanci, J., Raya-González, J., Scanlan, A. T., & Castillo, D. (2021). A Comparison in Physical Fitness Attributes, Physical Activity Behaviors, Nutritional Habits, and Nutritional Knowledge Between Elite Male and Female Youth Basketball Players. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.685203
- Satya, A., Iman, N., & Anwar, Z. (2020). Peran Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan.
- Wayan Tirtawati, N., Ketut Yoda, I., Agus Dharmadi, M., Wayan Artanayasa, I., & Gusti Lanang Agung Parwata, I. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Hasil Belajar Bola Basket Peserta Didik. https://doi.org/10.24036/Sporta
- Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Referensi
Aji, T. S. (2023). Application of the problem-based learning learning model to improve basketball dribbling learning outcomes in class VIII-I students of SMP Negeri 1 Karanganyar. PHEDHERAL, 20(1), 16. https://doi.org/10.20961/phduns.v20i2.72292
Al-Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah, S. (2022). PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA (Dalam Hadis-Hadis tentang olahraga). In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 3, Issue 2).
Anantiwi, D. B. (2021). PENERAPAN TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PENDIDIKAN. In Seri Publikasi Pembelajaran (Vol. 1, Issue 2).
Bashri, A., Puspitawati, R. P., & Sri, M. (2022). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY. 7(2), 212–217. https://smadahgresik.sch.id
Bashri, A., Puspitawati, R. P., Sri, M., Jurusan, P., & Fmipa Unesa, B. (2022). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY. 7(2), 212–217. https://smadahgresik.sch.id
Dermawansyah. (2023). MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN POLA KONSEP CIRCUIT TRAINING BALL DI SMPN 1 REJANG LEBONG.
Devidson, M., Manalu, G. P., Usman, K., Abdurrahman, E., Olahraga, S. T., Kesehatan, D., Gnuna, B., & Alumunium, J. (2021). Analisis Pengetahuan Passing TerhadapKeterampilan Proses Bola Basket. 2. https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP
Dwi Mukti, F. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) DI KELAS V MI WAHID HASYIM.
Hodidjah. (2020). HUBUNGAN KONSEPTUAL DAN FUNGSIONAL ANTARA STRATEGI, METODE PEMBELAJARAN, PENDEKATAN , DAN MODEL PEMBELAJARAN. Jurnal Perspektif.
Isman, A., Okra, R., Zakir, S., & Efriyanti, L. (2023). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI PENCAK SILAT BERBASIS AUGMENTED REALITY DI SMPN 1 KOTO XI TARUSAN KELAS VIII. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 1).
Kogoya, K., Guntoro, T. S., & Putra, M. F. P. (2022). Sports Event Image, Satisfaction, Motivation, Stadium Atmosphere, Environment, and Perception: A Study on the Biggest Multi-Sport Event in Indonesia during the Pandemic. Social Sciences, 11(6). https://doi.org/10.3390/socsci11060241
Luthfi, M., 1, F., Sudarmono, M., Pendidikan, J., Kesehatan, J., Rekreasi, D., & Keolahragaan, I. (2020). Indonesian Journal for Physical Education and Sport Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Menggunakan Media RAC (Reaction, Accuracy, Coordination). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes
Maha, K., Pranata, A., Wahjoedi, H., Yogi, K., & Lesmana, P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket A R T I C L E I N F O. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82–90. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK
Mahputra, A., Wisnu, H., Jasmani, P., Rekreasi, D., & Keolahragaan, I. (2020). Rendahnya Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Olahraga Dalam PJOK IDENTIFIKASI PENYEBAB RENDAHNYA MINAT SISWA TERHADAP EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMAN 11 SURABAYA. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive75
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Marufah, S., Pembelajaran, V., & Ritmik, G. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Model ADDIE pada Materi Aktivitas Gerak Ritmik Kelas XII Kata kunci. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
MBoleng, L., MMFlora Babang, V., Louk, M. J., & Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, P. (2018). Analisis Perangkat Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SD Se Kota Kupang. Jurnal Muara Olahraga, 1(1).
Nuraini, S. N. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 335–344. https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1446
Pranata, C. A., Utami, E., Luthfi, E. T., & Amikom Yogyakarta, U. (2021). Marker Based Augmented Reality Pada Buku Poa Dengan Metode Fast Corner Detection.
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP).
Resah Pratama, R., & Marsiyem. (2019). PENGEMBANGAN TEKNIK PEMBELAJARAN PASSING DADA PADA PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS VIII SMP.
Rizali Rachim, M., & Salim, A. (2024). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PENDIDIKAN MODERN.
Sahbudin, K., Sekolah, H., Agama, T., Rokan, I., Batu, B., & Hilir, R. (2021). Konsep Dasar Pembelajaran. In Journal of Islamic Education El Madani (Vol. 1).
Sánchez-Díaz, S., Yanci, J., Raya-González, J., Scanlan, A. T., & Castillo, D. (2021). A Comparison in Physical Fitness Attributes, Physical Activity Behaviors, Nutritional Habits, and Nutritional Knowledge Between Elite Male and Female Youth Basketball Players. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.685203
Satya, A., Iman, N., & Anwar, Z. (2020). Peran Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan.
Wayan Tirtawati, N., Ketut Yoda, I., Agus Dharmadi, M., Wayan Artanayasa, I., & Gusti Lanang Agung Parwata, I. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Hasil Belajar Bola Basket Peserta Didik. https://doi.org/10.24036/Sporta
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141