Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan lay up.dalam permainan bola basket. Metode yang di pakai adalah pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievments Division (STAD). Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian di lakukan pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah yang berjumlah 36 siswa. Pada penelitian ini melihat hasil uji pra siklus, siklus 1 dn siklus 2 serta lembar observasi guru dan siswa. Nilai tes uji pra siklus di dapat 33,3% yang mendapat nilai baik artinya masih sangat kurang dalam keterampilan lay up permainan bola basket . Pada siklus 1 di dapat 69,4% terjadi peningkatan keterampilan lay up pada permainan bola basket namun belum mencapai KKM dan dilihat dari observassi guru mendapat nilai 72 % dan observasi siswa 65%. Pada siklus 2 didapat nilai tes sebesar 83,3%, sedangkan lembar observasi guru sebesar 84% dan lembar observasi siswa sebesar 80% semua telah menunjukan ketuntasan nialai atau kkm 75%. Dari nilai tes siklus 2 dapat disimpulan pembelajaran teknik lay up dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievments Division (STAD) dapat meningkatkan ketermpilan lay up permainan bola basket dan meningkatkan semangat belajar siswa. Peningkatan ini dikarenakan siswa bersemangat dalam proses belajar dan saling membantu didalam kelompok masing.
Keywords
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqib.Z, Ali M. (2016). Kumpulan Metode pembelajaran. Bandung : CV.Yrama widya.
- Kunandar. 20013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
- Rianto, (2009), pembelajaran kooperatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Sukardi. (2003),Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Erlangga. Jakarta.
- Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya
- __________,(2016).Macam-macam Metodologi Penelitian. Jakarta: Lensa Media Pustaka Indonesia
- __________,(2018). Sport Psychometrics Dasar–dasar dan instrument Psikometri. Depok :Rajagrafindo persada
- Trianto.(2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep,Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
References
Aqib.Z, Ali M. (2016). Kumpulan Metode pembelajaran. Bandung : CV.Yrama widya.
Kunandar. 20013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Rianto, (2009), pembelajaran kooperatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Sukardi. (2003),Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Erlangga. Jakarta.
Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya
__________,(2016).Macam-macam Metodologi Penelitian. Jakarta: Lensa Media Pustaka Indonesia
__________,(2018). Sport Psychometrics Dasar–dasar dan instrument Psikometri. Depok :Rajagrafindo persada
Trianto.(2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep,Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.