Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lari jarak 60 meter dengan media yang dimodifikasi siswa kelas XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian kualitatif menggunakan lembar pengamatan yang dilakukan oleh teman sejawat. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian yang mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media yang dimodifikasi siklus pertama pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 27,2 %, sikap ssiwa 60,6 %, dan aktivitas guru dengan nilai 58,1, siklus kedua pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 60,6 %, sikap siswa 72,7 %, dan aktivitas guru dengan nilai 68,4, siklus ketiga pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 90,9 %, sikap siswa 81,8%, dan aktivitas guru dengan nilai 78,7, siklus keempat pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 100%, sikap ssiwa 100%, dan aktivitas guru dengan nilai 86,8. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama sampai siklus keempat terdapat peningkatan dalam proses pembelajaran lari jarak 60 meter dengan media yang dimodifikasi siswa kelas XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu.
Keywords
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adrianto, L.G. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lari Jarak Pendek Melalui Media Pembelajaran Yang Dimodifikasi Pada Siswa Kelas III SD N Pondok 03 Nguter Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Kudus :Universitas Sebelas Maret
- Ahmad, Z.A. 2012 . Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani
- Arwin. 2000. Efektiviyas Pembelajaran Siswa dalam Pendidikan Jasmani Di Sekolah dasar. Tesis. Surabaya: UNS
- Badriah, D.L. 2006. Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Kesehatan. Tasikmalaya : Multazam
- Djumidar. 2004. Dasar-dasar Atletik. Jakarta: Universitas Terbuka
- Handoyo, H. 2010. Lari Jarak Pendek. Jakarta : Nobel Edumedia
- Pujianto, Dian dan Bayu Insanistyo. 2017. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Jasmani. Bengkulu : FKIP Universitas Bengkulu
- Muller H & Wolfgang Ritzdorf. 2000. Pedoman Resmi Mengajar Atletik. Jakarta: Staf Sekretaris IAAF-RDC
- Rahmat B. 2017. Upaya Peningkatan Pembelajaran Lari Jarak Pendek Melalui Bermain Dengan Alat Bantu Bilah Bambu Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tlogopragoto Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2017/2018.Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY
- Sumaryoto & Nomrembi Soni. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
- Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group
- Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Afabeta
References
Adrianto, L.G. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lari Jarak Pendek Melalui Media Pembelajaran Yang Dimodifikasi Pada Siswa Kelas III SD N Pondok 03 Nguter Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Kudus :Universitas Sebelas Maret
Ahmad, Z.A. 2012 . Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani
Arwin. 2000. Efektiviyas Pembelajaran Siswa dalam Pendidikan Jasmani Di Sekolah dasar. Tesis. Surabaya: UNS
Badriah, D.L. 2006. Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Kesehatan. Tasikmalaya : Multazam
Djumidar. 2004. Dasar-dasar Atletik. Jakarta: Universitas Terbuka
Handoyo, H. 2010. Lari Jarak Pendek. Jakarta : Nobel Edumedia
Pujianto, Dian dan Bayu Insanistyo. 2017. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Jasmani. Bengkulu : FKIP Universitas Bengkulu
Muller H & Wolfgang Ritzdorf. 2000. Pedoman Resmi Mengajar Atletik. Jakarta: Staf Sekretaris IAAF-RDC
Rahmat B. 2017. Upaya Peningkatan Pembelajaran Lari Jarak Pendek Melalui Bermain Dengan Alat Bantu Bilah Bambu Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tlogopragoto Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2017/2018.Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY
Sumaryoto & Nomrembi Soni. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Afabeta