Main Article Content

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Guru Penjas terhadap kompetensi mahasiswa magang 2 Prodi Penjas FKIP UNIB di SMP Negeri Kota Bengkulu tahun 2018. Dalam penelitian ini mengunakan, metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket. Penyusunan instrumen menggunakan langkah-langkah: mendefinisikan konstruk, minyidik faktor, dan menyusun butir-butir pernyataan. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 guru penjas dari 8 SMP Negeri di Kota Bengkulu yang pada tahun 2018 sekolah tempat mengajarnya digunakan untuk tempat magang 2 mahasiswa Prodi Penjas FKIP UNIB. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase yang dikategorikan menjadi 5 kategori yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Guru Penjas terhadap kompetensi mahasiswa magang 2 Prodi Penjas FKIP UNIB di SMP Negeri Kota Bengkulu tahun 2018 yaitu (a) kompetensi pedagogik dalam kategori tinggi, (b) kompetensi kepribadian dalam kategori tinggi dan rendah, (c) kompetensi sosial dalam kategori sedang, (d) kompetensi Profesional dalam kategori sedang. Secara keseluruhan masuk dalam kategori sedang yakni sebesar 35%. Sedangkan sisanya yakni 15% masuk dalam kategori sangat rendah, 15% masuk dalam kategori rendah, 25% masuk dalam kategori tinggi, 10% masuk dalam kategori sangat tinggi.

 

 

Keywords

Persepsi Kompetensi Guru Penjas Mahasiswa

Article Details

How to Cite
Hartono, R., Pujianto, D., & Arwin, A. (2019). PERSEPSI GURU PENJAS TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA MAGANG 2 PRODI PENJAS FKIP UNIB DI SMP NEGERI KOTA BENGKULU TAHUN 2018. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 165–173. https://doi.org/10.33369/jk.v3i2.8911

References

  1. Janawi. 2012. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
  2. M. Uzer Usman. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Mulyasa. E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Pujianto, Dian. 2014. Pemetaan Profil Dan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Tingkat Sekolah Dasar Di Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Jasmani, vol.10 (1) hal. 34
  5. Qoqoazroqu, 2013. Undang-undang tahun 2005 tentang. Diunduh pada tanggal 3 januari 2019 dari http://qoqoazroqu.blogspot.co.id/2013/01/undang-undang-no-14-tahun-2005-tentang.html?m-1.
  6. Sagala, S. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
  7. Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. _______. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  9. Sukma, I` 2005. UU no 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Diunduh pada tanggal 6 januari 2019 dari http://www.slideshare.net/mobile/iwansukma/uu-no-14-tahun-2005-tentang-guru-dan-dosen.
  10. Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
  11. _______. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  12. Tim Penyusun Panduan magang II UNIB. 2018. Panduan Magang II. Bengkulu: UNIB.