Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teknik dasar lempar cakram dalam proses belajar mengajar dengan mengunakan media modifikasi pada siswa kelas V B SD Negeri 18 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian siswa kelas V B SD Negeri 18 Kota Bengkulu yang berjumlah 25 siswa. Hasil pra siklus dalam proses belajar mengajar teknik dasar lempar cakram secara keseluruhan terdapat 20% tuntas belajar dan 80% belum tuntas belajar. Dan hasil penelitian pada siklus kesatu menunjukan bahwa jumlah indikator pada lembar observasi aktivitas guru dalam pembelajaran masih terlaksana 18 item atau baru mendapat presentase (72%), dan pada lembar observasi aktivitas belajar siswa pada pembelajaran masih terlaksana 13 item atau baru mendapat presentase (52%) dari jumlah keseluruhan lembar observasi yaitu 25 item. Ini menunjukan bahwa proses belajar mengajar baik guru maupun siswa masih rendah atau masih pada kategori belum tuntas belajar. Sedangkan hasil disiklus ke dua menunjukan bahwa jumlah indikator yang guru lakukan pada proses belajar mengajar meningkat yaitu 22 item atau mendapat presentase (88%). Begitu juga dengan jumlah indikator yang siswa ikuti pada proses belajar mengajar disiklus ke dua meningkat menjadi 20 item atau mendapat presentase (80%). Ini menunjukan bahwa tindakan yang dilakukan disiklus kedua baik guru maupun siswa dapat dikatakan telah tuntas belajar. Berdasarkan hasil diatas maka disimpulkan bahwa dengan mengunakan media modifikasi dapat meningkatkan proses belajar mengajar teknik dasar lempar cakram.
Keywords
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Feri Kurniawan. (2012). Buku Pintar Pengetahuan Olahraga. Jakarta: Laskar Aksara.
- Kunandar.(2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo
- Nuryati, Arwin, dan Bogy. 2017. “Upaya Peningkatan Proses Belajar Atletik Tolak Peluru Melalui Penerapan Media POA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 05 Kota Bengkulu”.Jurnal Kinestetik, Vol. 1 (2).
- Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya
- __________,(2016).Macam-macam Metodologi Penelitian. Jakarta: Lensa Media Pustaka Indonesia
References
Feri Kurniawan. (2012). Buku Pintar Pengetahuan Olahraga. Jakarta: Laskar Aksara.
Kunandar.(2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo
Nuryati, Arwin, dan Bogy. 2017. “Upaya Peningkatan Proses Belajar Atletik Tolak Peluru Melalui Penerapan Media POA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 05 Kota Bengkulu”.Jurnal Kinestetik, Vol. 1 (2).
Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya
__________,(2016).Macam-macam Metodologi Penelitian. Jakarta: Lensa Media Pustaka Indonesia