Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler bola basket di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivesme,digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah,(sebagai lawannya adalaha eksperimen) dimana peneliti adalah sesbagai instrument kunci,pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa peneliti bidang studi penjaskes.dan  Objek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi  SMP Negeri 18 kota Bengkulu,berjumlah sebanyak 35 siswa-siswi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tabulasi frekuensi dengan presentase. Hasil dari  penelitian ini yang terdiri dari minat siswa sebagai atlet dapat dilihat dari gambaran persentase pengelolahan data yang rata-rata yang berminat 38,29%, yang menyatakan Tidak rata-rata 61,71%, guru penjas sebagai pelatih dapat dilihat dari gambaran persentase  yaitu rata-rata menyatakan Ya 40  %,yang menyatakan Tidak 60 %.serta sarana dan prasarana yaitu rata-rata yang menyatakan Ya 20,86%,yang menyatakan Tidak 79,14%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat siswa sebagai atlet bola basket di SMP Negeri 18 Kota bengkulu rendah,guru/pelatih bola basket di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu kuurang baik dan sarana dan prasarana bola basket di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu belum memenuhi standar internasional.


Keywords

Ekstrakurikuler Bola Basket

Article Details

How to Cite
Sujarwo, D., Arwin, A., & Insanistyo, bayu. (2018). PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9187

References

  1. Atika, Sabillah.(2012), Pengertian Subjek Penelitian. Dimuat dalam http://sabillahatika.blogspot.com/2012/12/bab-8-subjek-penelitian.html.
  2. Kosasih Engkos. (1985), Olahraga Teknikdan Program Latihan.Akademi Presindo. Jakarta
  3. Mulyadi. (1998), PembinaanPrestasi Bola Basket di Unit Kegiatan Bolas Basket. IKIP Padang. FPOK. Padang.
  4. Saputra, Aditya (2014)StudiKasusTentangPelaksanaanKegiatanEkstrakulikuler Bola Basket di SMA Negeri 01 PondokKelapaKabupaten Bengkulu Tengah.Skripsi. Universitas Bengkulu.
  5. Sugiyono.(2015).MetodePenelitianPendidikanKuantitatifdankualitatif.FPOK IKIP Padang.