Main Article Content

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan smash kedeng dalam permainan sepak takraw setelah diterapkan latihan otot tungkai menggunakan bola gantung. Jenis penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen dimana terdapat perlakuan pada objek penelitian dengan menggunakan desain penelitian pre test, perlakuan, post test dengan populasi penelitian 30 atlet laki-laki dengan penarikan sampel  dalam total sampling sebanyak 30 atlet PSTI Kabupaten Lebong. Hasil tes akhir diperoleh korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus product moment  diperoleh pre test dan post test latihan otot tungkai dengan menggunakan bola gantung  dengan r = 0,574, hasil korelasi  post test latihan bola gantung dengan r = 0,349 , hasil korelasi  dari hitungan pre test dan post test smash kedeng dengan r = 0,4407. Dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara latihan otot tungkai menggunakan bola gantung selama 1 bulan 2 minggu dengan 3 kali/minggu terhadap kemampuan smash kedeng adalah sebesar 59,65%.

Keywords

Latihan Bola Gantung Peningkatan Smash kedeng Smash Gulung

Article Details

How to Cite
Pernandes, A., & Sutisyana, A. (2018). PENGARUH LATIHAN BOLA GANTUNG TERHADAP KEMAMPUAN SMASH KEDENG DAN SMASH GULUNG DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA ATLET PSTI KABUPATEN LEBONG. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9192

References

  1. Annas, Muhammad. (2014). “Pengaruh Latihan Smash Kedeng Menggunakan Area Bertahap Terhadap Keterampilan Smes Sepaktakraw”. Journal Of Physical Education, Health And Sport, 1 (1)
  2. Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Harsono. (1988). Coaching Dan Aspek–Aspek Psikologi Dalam Coaching. Jakarta: CV. Tambak Kusuma.
  5. Iyakrus. (2012). Permainan Sepak Takraw. Palembang : Unsri Press.
  6. Jamalong, Ahmad dan Syam, Arsy. (2014). Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw. Yogyakarta : Ombak.
  7. Pratama, Wisnu. (2015). Pengaruh Latihan Bola Gantung Terhadap Hasil Smash Kedeng Sepak Takraw Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pemulutan Barat. Artikel Ilmiah,
  8. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  9. Syahputra, Andi. (2014). Perbedaan Pengaruh Latihan Bola Gantung dan Latiahan Bola Diumpan Terhadap Hasil Smash Kedeng Pada Atlet PSTI Tunas Mandiri Pantai Cermin. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.
  10. Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya
  11. __________,(2016).Macam-macam Metodologi Penelitian. Jakarta: Lensa Media Pustaka Indonesia
  12. Yuwono, dkk. (2015). “Latihan Split Jump dan Knee Tuck Jump Untuk Meningkatkan Power Otot Tungkai dan Kemampuan Melakukan Smash Kedeng”. Journal of Sport Sciences and Fitnes, 4 (3)