Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kebugaran jasmani siswa pendidikan pondok pesantren di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktiptif kualitatif. Dalam melakukan penelitian ini terdapat 10 populasi pondok pesantren di Kota Bengkulu, Lalu di ambil 5 sebagai sampel yaitu:Pondok Pesantren Al Mubaarak, Pondok Pesantren Harsalakum, Pondok Pesantren Pancasila, Pondok Pesantren Darussalam dan Pondok Pesantren Hidayatullah dengan jumlah subjek 128 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu teknik tabulasi frekuensi. Hasil Penelitian membuktikan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani mempengaruhi kondisi kebugaran jasmani. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kondisi kebugaran jasmani siswa Pondok pesantren dengan hasil tes lari 2400 Meter dalam bentuk presentase sebagai berikut:Siswa dengan kebugaran jasmani baik sekali 0%, siswa dengan kebugaran jasmani baik 23 orang atau 17,96%, siswa dengan kebugaran jasmani sedang 73 orang atau 57,03%, siswa dengan kebugaran jasmani yang kurang 28 orang atau 21,87% dan Siswa dengan Kebugaran jasmani yang sangat kurang yaitu 4 orang atau 03,14%. Jadi berdasarkan hasil penelitian bahwa kondisi kebugaran jasmani berdasarkan jenis kelamin siswa Pendidikan Pondok Pesantren di Kota Bengkulu yaitu untuk kelompok laki-laki 11,27 menit yaitu sedang, untuk kelompok perempuan waktu rata-rata 15,02 yaitu Sedang.
Keywords
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Depdiknas. (2002). Ketahuilah tingkat kesegaran jasmani anda. Jakarta: Pusa Pengembangan Kualitas Jasmani.
- Iskandar. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jambi: GP PRESS
- Insanistyo, B & Pujianto, D. (2014). Managemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bengkulu: Universitas Bengkulu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
- Nurhasan. (2001). Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani: Prinsip-prinsip dan penerapannya. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga.
- Noor, Mahpuddin. (2006). Potret Dunia Pesantren. Bandung: Humaniora.
- Richad, D.S. (2011) Berlatih Kebugaran Jasmani. Bogor: CV. CITRAUNGGUL LAKSANA.
- Sopan Fitriani. (2012). Tingkat Kesegaran Jasmani dan Status Gizi Siswa Kelas VII SMP N 1 Bamtul Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (Skripsi).
- Uhamisastra, dkk. (2003). Pengelolaan Model Pengajaran Pendidikan Jasmani di pondok pesantren. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Jurusan Pendidikan Olahraga.
References
Depdiknas. (2002). Ketahuilah tingkat kesegaran jasmani anda. Jakarta: Pusa Pengembangan Kualitas Jasmani.
Iskandar. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jambi: GP PRESS
Insanistyo, B & Pujianto, D. (2014). Managemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bengkulu: Universitas Bengkulu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Nurhasan. (2001). Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani: Prinsip-prinsip dan penerapannya. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga.
Noor, Mahpuddin. (2006). Potret Dunia Pesantren. Bandung: Humaniora.
Richad, D.S. (2011) Berlatih Kebugaran Jasmani. Bogor: CV. CITRAUNGGUL LAKSANA.
Sopan Fitriani. (2012). Tingkat Kesegaran Jasmani dan Status Gizi Siswa Kelas VII SMP N 1 Bamtul Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (Skripsi).
Uhamisastra, dkk. (2003). Pengelolaan Model Pengajaran Pendidikan Jasmani di pondok pesantren. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Jurusan Pendidikan Olahraga.