Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada jurnal ilmiah pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu edisi terbit tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Fokus penelitian ini adalah kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada jurnal ilmiah pendidikan MIPA FKIP Unib edisi terbit tahun 2018 yang ditinjau dari bidang ejaan, diksi, kalimat, dan paragraf. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yaitu menganalisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada jurnal ilmiah pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu edisi terbit tahun 2018 yang ditinjau dari bidang ejaan, diksi, kalimat dan paragraf. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa ditemukan kesalahan ejaan, kesalahan diksi, kesalahan kalimat, dan kesalahan paragraf pada jurnal ilmiah pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu edisi terbit tahun 2018. Perhitungan secara keseluruhan berdasarkan kesalahan ejaan, diksi, kalimat, dan paragraf. Dapat disimpulkan bahwa total kesalahan penggunaan bahasa Indonesia terbanyak pada jurnal MIPA FKIP Universitas Bengkulu edisi terbit tahun 2018 terdapat pada bidang ejaan.
Kata kunci: kesalahan berbahasa, bahasa Indonesia, jurnal MIPA
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Akhadiah, Sabarti., dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
- Keraf, Gorys. 1984. Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah.
- Keraf, Gorys. 1994. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.
- Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
- Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
- Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualittaif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Sutopo, Ariesto. 2016. Menulis dan Mengelola Jurnal Bereputasi. Yogyakarta: Morfalingua.
References
Akhadiah, Sabarti., dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Keraf, Gorys. 1984. Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah.
Keraf, Gorys. 1994. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualittaif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutopo, Ariesto. 2016. Menulis dan Mengelola Jurnal Bereputasi. Yogyakarta: Morfalingua.