Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis puisi dengan tema hidup sehat siswa kelas X SMKN 03 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 03 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dengan teknik tes. Hasil penelitian kemampuan menulis puisi dengan tema hidup sehat siswa kelas X tataboga SMKN 3 Kota Bengkulu memperoleh nilai rata-rata 66,28. Termasuk dalam kategori cukup, karena terletak pada interval 56-69. Dengan demikian, kemampuan menulis puisi dengan tema hidup sehat siswa kelas X SMKN 03 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori cukup. Rincian kemampuan menulis puisi siswa yaitu: Tidak ada siswa siswa dalam kategori nilai sangat baik, 17 siswa termasuk dalam kategori nilai baik, 9 siswa termasuk dalam kategori nilai cukup, 6 siswa termasuk dalam kategori nilai kurang. 2 siswa termasuk dalam kategori nilai sangat kurang.
Kata kunci: Kemampuan, Menulis, dan Puisi
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
- Abrams, Meyer. Howard. 2006. A Glossary of Literary Terms. New York : Harcourt, Brace 7 world.
- Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.
- Jabrohim.dkk. 2009. Cara Menulis Kreatif.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Jassin, H.B. 1991. Tifa Penyair dan Daerahnya.Jakarta:Gunung Agung.
- Kosasih,E.2013.Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Kurniawan Hasyim. 2012. Penulisan Satra Kreatif. Yogyajarta: Graha Ilmu.
- Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.
- Waluyo, Hatmoko. 1995. Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta:University Press.
Referensi
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Abrams, Meyer. Howard. 2006. A Glossary of Literary Terms. New York : Harcourt, Brace 7 world.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.
Jabrohim.dkk. 2009. Cara Menulis Kreatif.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Jassin, H.B. 1991. Tifa Penyair dan Daerahnya.Jakarta:Gunung Agung.
Kosasih,E.2013.Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Kurniawan Hasyim. 2012. Penulisan Satra Kreatif. Yogyajarta: Graha Ilmu.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.
Waluyo, Hatmoko. 1995. Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta:University Press.