Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh diksi dan mendeskripsikan hasil temuan terkait dengan penggunaan diksi dalam karangan narasi dan selanjutnya akan dijadikan sebagai sumber belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi dokumen atau mengambil lembar kerja anak. Penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan penggunaan diksi khususnya ketepatan penggunaan diksi, dengan 10 persyaratan ketepatan penggunaan diksi dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti, maka diperoleh 81 data dari 42 karangan narasi siswa. Dari 10 jenis persyaratan ketepatan diksi yang dianalisis diperoleh hasil ketidaktepatan penggunaan diksi sebagai berikut: penggunaan kata umum dan khusus 11.11%, penggunaan kata konotatif dan denotatif 27.16 %, penggunaan kata yang hampir bersinonim 35.81%, penggunaan kata idiom 4.93%, kelangsungan pilihan kata 11.11%, dan penggunaan kata indra 9.87%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII banyak menggunakan diksi bersinonim pada karangan narasi yang mereka buat dan ketidaktepatan yang ditemukan hanya sedikit, sebagian besar sudah tepat dan sesuai mereka gunakan pada karangan narasi.
Kata Kunci: Diksi, Karangan NarasiRincian Artikel
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arifin, Zaenal dan Amran Tasai. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Presindo.
- Chaer, Abdul. 2012.Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
- Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.
- Keraf, Gorys. 2004. Komposisi. Ende: Nusa Indah.
- Marahimin,Ismail. 1994. Menulis Secara Populer. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
- Rahardi, Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.
- Suwarna, Dadan. 2012. Cerdas Berbahasa Indonesia. Ciputat: Jelajah Nusa.
- Tarigan, Jjago dkk. 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Referensi
Arifin, Zaenal dan Amran Tasai. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Presindo.
Chaer, Abdul. 2012.Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.
Keraf, Gorys. 2004. Komposisi. Ende: Nusa Indah.
Marahimin,Ismail. 1994. Menulis Secara Populer. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
Rahardi, Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.
Suwarna, Dadan. 2012. Cerdas Berbahasa Indonesia. Ciputat: Jelajah Nusa.
Tarigan, Jjago dkk. 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka.