Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis teks persuasi menggunakan media audio visual pada kelas VIII-A dan yang menggunakan media gambar pada kelas VIII-B siswa SMP N 11 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komperatif. Data penelitian berupa hasil tes kemampuan menulis teks persuasi menggunakan media audio visual dan yang menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes kemampuan menulis teks persuasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan menulis teks persuasi menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII-A mendapatkan nilai rata-rata 74,96 termasuk dalam kategori baik, artinya siswa sudah mampu menulis teks persuasi dengan baik, namun perlu ditingkatkan dengan belajar, agar kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi menjadi lebih baik lagi. (2) kemampuan menulis teks persuasi menggunakan media gambar siswa kelas VIII-B dengan nilai rata-rata 65,79 termasuk dalam kategori cukup, artinya masih banyak hal-hal yang perlu diperhatikan sehingga siswa harus belajar dan latihan lagi agar kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi menjadi lebih baik. dan (3) terdapat perbedaaan antara kemampuan menulis teks persuasi menggunakan media audio visual pada kelas VIII-A dan yang menggunakan media gambar pada kelas VIII-B. Artinya penggunaan media audio visual pada kelas VIII-A lebih baik digunakan daripada penggunaan media gambar pada kelas VIII-B.
Kata kunci: Menulis, Teks Persuasi, Media, Audio visual, Gambar
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arsyad, Ashar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
- Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
- Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press
- Keraf, Gorys. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
- Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Pusat Penerbitan dan Pembukuan, Balitbang. Kemendikbud.
- Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
- Saddhono, Khundharu dan Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi Edisi 2). Yogyakata: Graha Ilmu.
Referensi
Arsyad, Ashar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press
Keraf, Gorys. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Pusat Penerbitan dan Pembukuan, Balitbang. Kemendikbud.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Saddhono, Khundharu dan Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi Edisi 2). Yogyakata: Graha Ilmu.