Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan wujud campur kode dan  mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi campur kode di lingkungan SMP Negeri 8 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik rekam dan angket/kuesioner. Langkah-langkah analisis data terdapat lima tahap yaitu,  (1) transkripsi data, (2) pengkodean data, (3) klasifikasi data, (4) analisis data dan (5) penyimpulan. Hasil analisis data penelitian ditemukan bentuk campur kode tingkat kata dan struktur frasa serta klausa. Campur kode bentuk tingkat kata yaitu bahasa Rejang, bahasa Melayu Bengkulu, bahasa Inggris dan bahasa Jawa. Campur kode bentuk struktur yaitu (a) struktur frasa bahasa Rejang dan bahasa Jawa. (b) Strukur klausa yaitu bahasa Rejang. Faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadi campur kode yakni sikap penutur atau nonkebahasaan dan kebahasaan.

Article Details

How to Cite
Herlina, A., Basuki, R., & Suryadi, S. (2020). CAMPUR KODE PEMAKAIAN BAHASA DI LINGKUNGAN SMP NEGERI 8 BENGKULU TENGAH. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 284–291. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.10708

References

  1. Aslinda dan Leni Syafyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.
  2. Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Nababan, P. W. J. 1991. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  4. Nugroho, Adi. 2011. Alih Kode dan Campur Kode Pada Komunikasi Guru-Siswa di SMA Negeri 1Wonosari Klaten. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  5. Nugroho, Pungki. 2012. Analisis Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode Pada Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mantingan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  6. Saputra, Angga. 2015. Campur Kode pada Kata Sambutan Acara Resepsi Pernikahan masyarakat Serawai. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  7. Sari, I.F.M. 2016. Skripsi. Kajian Alih Kode dan Campur Kode dalam Tuturan Masyarakat Kelurahan Jalan baru Kecamatan Curup Kota Kabupaten Rejang Lebong. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  8. Sumarsono dan Paina Partana. 2007. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  9. Suwito. 1983. Pengantar Awal Sosiolinguistik. Surakarta: Henari Offset Solo.
  10. UU Nomor 24 tahun 2009 pasal 29 ayat 1. Bahasa Pengantar dalam Pendidikan Nasional: Bahasa Indonesia.