Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kesalahan lafal atau ucapan, diksi atau pilihan kata dan struktur kalimat dalam diskusi kelompok pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan yang digunakan siswa pada kegiatan diskusi kelompok. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, rekaman, dan pencatatan. Teknik analisis data secara deskripsi dengan langkah-langkah merekam data, mencatat data, mengumpulkan data, membuat transkrip, menganalisis dan mengklasifikasi data, menggambarkan kesalahan berbahasa dan mendeskripsikan kesalahan berbahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa dalam diskusi kelompok siswa Kelas VII SMPN 1 Kota Bengkulu meliputi : (1) lafal atau ucapan berjumlah 76  lafal yang mengandung kesalahan dan mengakibatkan perubahan fonem, pengurangan fonem, dan penambahan fonem yang disebabkan oleh pengaruh bahasa daerah yaitu bahasa Melayu Bengkulu, dan bahasa lain, (2) diksi berjumlah 24 kalimat yang mengandung kesalahan diksi yang disebabkan oleh pemilihan kata yang kurang tepat, dan (3) struktur kalimat berjumlah 35 kalimat yang mengandung kesalahan yang disebabkan oleh adanya keterbatasan kosakata dalam penyampaian kalimat yang baik dan benar. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi umpan balik bagi siswa, guru bahasa Indonesia, sekolah, peneliti lain, pengguna bahasa, dan pihak-pihak terkait.

Article Details

How to Cite
Shari, V. D., Susetyo, S., & Trianto, A. (2020). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 405–412. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.10867

References

  1. Abdullah, P. A. (2013). Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga.
  2. Dolla, Abdullah. (2011). Linguistik Khusus Bahasa Indonesia. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
  3. Emidar, E. &. (2018). Bahasa Indonesia Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Depok: PT Raja Grafindo Persada .
  4. Mintowati, B. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
  5. Mukti, U.S. (1991). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  6. Putrayasa, I. B. (2014). Kalimat Efektif. Singaraja: Refika Aditama.
  7. Santoso, K. (1990). Problematika Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
  9. Slamet. (2014). Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Pustaka.
  10. Tarigan, P. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  11. Tarigan, H. (1983). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.