Main Article Content

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana karakter tokoh antologi cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari dan Implikasinya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakter tokoh antologi cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari dan implikasinya. Wujud data penelitian berupa kutipan kalimat yang menggambarkan karakter yang terdapat pada tokoh-tokohnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan simak, baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik ekspositori dan teknik dramatik. Kemudian teknik penyajian hasil analisis datanya dengan mendeskripsikan data yang telah diperoleh pada penelitian yang ditelah dilakukan. Hasil penelitian ditemukan 28 karakter yang berbeda-beda pada setiap tokohnya dengan tiga karakter yang lebih dominan muncul ialah, karakter pemarah ditemukan pada tiga cerpen, yaitu “Mata yang Enak Dipandang”, “Sayur Bleketupuk”, dan “Dawir, Turah, dan Tolol”, karakter peduli ditemukan pada cerpen “Bila Jebris ada di Rumah Kami”, dan “Harta Gantungan”, dan Karakter baik hati ditemukan pada cerpen “Bila Jebris Ada di Rumah Kami” dan “Sayur Bleketupuk” dalam antologi cerpen Mata yang Enak Dipandang Karya Ahmad Tohari.

Article Details

How to Cite
Magfiroh, Z., Mulyono, T., & Sari, V. I. (2020). KARAKTER TOKOH DALAM ANTOLOGI CERPEN MATA YANG ENAK DIPANDANG KARYA AHMAD TOHARI DAN IMPLIKASINYA. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(2), 268–275. https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.11646

References

  1. Nugrahaeni, Sri Aninditya. 2012. Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter. Yogyakarya: Mentari Pustaka.
  2. Nurgiantoro Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.
  3. Ratna, Nyoma Kutha. 2009. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Sudjiman, Panuti. 1991. Memahami Cerita Rekaan. Bandung: Pustaka Jaya.
  6. Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah Penunjang Pembalajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: Grasindo Anggota Ikapi.
  7. Tohari, Ahmad. 2015. Mata yang Enak Dipandang. Jakarta: Garamedia Pustaka Utama.