Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis melalui media audio visual menjadi teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif sederhana, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan media audio visual menjadi teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu secara umum memperoleh rata-rata 77,85atau kriteria kemampuan mendeskripsikan media audio visual menjadi teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu adalah baik. Kemampuan mendeskripsikan media audio visual menjadi teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu secara khusus dari aspek isi memperoleh rata-rata 17,9 dengan kriteria sangat baik, aspek struktur teks memperoleh rata-rata 24 dengan kriteria baik, aspek kalimat memperoleh rata-rata 14,7 dengan kriteria baik, aspek diksi memperoleh rata-rata 14,32 dengan kriteria baik, dan aspek ejaan memperoleh rata-rata 7,08 dengan kriteria baik 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jayati, H., Suhartono, S., & Arifin, M. (2020). KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN MEDIA AUDIO VISUAL MENJADI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Jurnal Korpus, 4(1), 54–59. https://doi.org/10.33369/jik.v4i1.12424

Referensi

  1. Azhar Arsyad. 1997. Media pembelajaran . Jakarta: PT Rasagrafindo Persada.
  2. Akhadiah, Sabarti, dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gelora Aksa Pramata.
  3. Alek dan Achmad. 2010. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
  5. Heru Kurniawam. 2015. Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
  6. Hikmat, Ade dan Nani Solihati. 2013. Bahasa Indonesia (Untuk Mahasiswa SI dan Pasca Sarjana, Guru, Dosen, Praktisi dan Umum). Jakarta: Grasindo.
  7. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. P. 2017. Bahasa indonesia revisi 2017. Jakarta: PT gramedia.
  8. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  9. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.