Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks tanggapan berdasarkan film pendek siswa kelas IX SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu pada tanggal 10 Maret 2020. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas IX SMP Negeri 13 Kota Bengkulu yang berjumlah 149 siswa., dan sampel diambil sebanyak 50 siswa secara acak. Kemampuan menulis teks tanggapan ini dinilai dari tiga aspek, yaitu isi, struktur teks, dan kebahasaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa penugasan kepada siswa untuk menulis teks tanggapan berdasarkan film pendek. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks tanggapan berdasarkan film pendek siswa kelas IX SMP Negeri 13 Kota Bengkulu adalah 59,32 (cukup).

Kata Kunci

kemampuan menulis teks tanggapan film pendek

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Frensivitasari, A., Ariesta, R., & Kurniawan, R. (2020). KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN BERDASARKAN FILM PENDEK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Jurnal Korpus, 4(3), 276–283. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.12999

Referensi

  1. Kosasih, Engkos dan Restuti. 2018. Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
  2. Nugriyantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
  3. Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.
  4. Purwanto, Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  5. Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia; Teori dan Aplikasi Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  6. Susetyo. 2009. Menulis Akademik. Bengkulu: Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu.
  7. Susetyo. 2015. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Kualitatif Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bengkulu: Universitas Bengkulu.