Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana deskripsi model pembelajaran Discovery Kurikulum 2013 dalam materi menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 4 Lebong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah ujaran guru dan ujaran siswa yang diperoleh dari hasil pengamatan penulis terhadap aktivitas belajar siswa dikelas X IPA 1 SMA Negeri 4 Lebong menggunakan model pembelajaran Discovery. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 4 Lebong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan rekaman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu guru Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran discovery pada pelajaran Bahasa Indonesia materi teks laporan hasil observasi di kelas X IPA 1 SMA Negeri 4 Lebong. Akan tetapi tidak semua sintaks model pembelajaran discovery digunakan guru pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Pada pertemuan pertama dengan topik materi mengidentifikasi isi teks laporan hasil observasi guru menggunakan semua sintaks model pembelajaran discovery, pada pertemuan kedua dengan topik materi mengidentifikasi struktur teks laporan hasil observasi guru tidak menggunakan salah satu sintaks model pembelajaran discovery yaitu pembuktian. Pada pertemuan ketiga dengan topik materi mengidentifikasi unsur kebahasaan teks laporan hasil observasi guru tidak menggunakan dua sintaks model pembelajaran discovery yaitu pengumpulan data dan pembuktian.
Kata kunci : model, pembelajaran discovery, teks laporan hasil observasi.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Majid,Abdul dan Chaerul Rochman. 2015. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- Pratiwi, Septi. 2018. “Pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol.II, No.II, Agustus, hlm. 212.
- Roestiyah, N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
- Saefuddin, Asis dan IkaBerdiati. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
References
Majid,Abdul dan Chaerul Rochman. 2015. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Pratiwi, Septi. 2018. “Pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol.II, No.II, Agustus, hlm. 212.
Roestiyah, N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Saefuddin, Asis dan IkaBerdiati. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.