Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini ialah (1) mengetahui proses penerapan model pembelajaran quantum saat dilaksanakannya pembelajaran teks persuasif di kelas VIII A SMP Negeri 46 Bengkulu Utara, dan (2) mengetahui hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran quantum saat proses pembelajaran menulis teks persuasif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur Penelitian ini dibagi atas empat komponen yaitu refleksi, perencanaan, observasi, dan tindakan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Instumen penelitian terdiri atas instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Sintaks penerapan model pembelajaran quantum dalam penelitian ini ialah (1) tumbuhkan, (2) alami, (3) namai, (4) demonstrasi, (5) ulangi, dan (6) rayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya kemampuan menulis teks persuasif siswa, karena tiap tahapan hasil belajar (menulis) siswa meningkat secara siginfikan, tahap siklus I memperoleh nilai 67,3 dan jumlah siswa yang tuntas 6 siswa dengan persentase 54,54%, dan siklus II memperoleh nilai 77,13 dan seluruh siswa tuntas dengan persentase 100%..
Kata Kunci
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arifah, N. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi Melalui Model Think Pair and Share Berbantuan Media Visual pada Siswa Kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang . UNNES, 2. diunduh tanggal 02 September 2020, pukul 07.30 WIB.
- Arifina, Basiska Winda, Basaria Winda. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas III. Jurnal 1 [111]. diunduh tanggal 22 Agustus 2020, pukul 09.30 WIB.
- Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Grafindo Persada.
- DePorter, Bobbi. (2010). Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.
- Huberman, S. (2011). Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles dan Huberman. Pasca UMS. diunduh tanggal 18 Agustus 2020, pukul 20.00 WIB.
- Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
- Kurniawan, R. (2015, 10 30). Retrieved from https://rohadicgbs.wordpress.com/2015/10/30/apa-itu-quantum-learning-pengertian-teori-dan-tujuan/. diunduh tanggal 18 Agustus 2020, pukul 07.30 WIB.
Referensi
Arifah, N. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi Melalui Model Think Pair and Share Berbantuan Media Visual pada Siswa Kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang . UNNES, 2. diunduh tanggal 02 September 2020, pukul 07.30 WIB.
Arifina, Basiska Winda, Basaria Winda. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas III. Jurnal 1 [111]. diunduh tanggal 22 Agustus 2020, pukul 09.30 WIB.
Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Grafindo Persada.
DePorter, Bobbi. (2010). Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Huberman, S. (2011). Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles dan Huberman. Pasca UMS. diunduh tanggal 18 Agustus 2020, pukul 20.00 WIB.
Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kurniawan, R. (2015, 10 30). Retrieved from https://rohadicgbs.wordpress.com/2015/10/30/apa-itu-quantum-learning-pengertian-teori-dan-tujuan/. diunduh tanggal 18 Agustus 2020, pukul 07.30 WIB.