Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang sedang melaksanakan pelaksanaan pembelajaran dan siswa yang sedang mengikuti pembelajaran menulis kreatif puisi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Bengkulu menggunakan pendekatan saintifik dan komponen pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat oleh guru. Guru memberikan materi pembelajaran dan memberikan petunjuk mengerjakan tugasmenulis puisi, siswa mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas dan kemudian guru menilai hasil menulis kretaif puisi yang dikerjakan siswa berdasarkan kriteria penilaian yang terdapat di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Article Details
Copyright (c) 2023 Meisy Astuti, Agus Joko Purwadi, Ria Ariesta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arviyana, Syahrul, & Tressyalina. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Canrhas, Amril. 2017. Apresiasi Puisi. Bengkulu.
- Dameyanti. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi dengan Pendekatan Whole Languange dan Media Tiga Dimensi: Jurnal Edukasi Khatulistiwa.
- Djamarah, Syaiful. Bahri., & Zain, Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Kodir, Abdul.2018. Manajmen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Bandung: CV Pustaka.
- Sudjana, Nana.2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
- Suherli, Maman, Aji, & Istiqomah. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan.
- Sunardi, Imam Sujadi. 2017. Sumber Belajar Calon peserta Program PLPG. Kementerian dan Kebudayaan Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.
References
Arviyana, Syahrul, & Tressyalina. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Canrhas, Amril. 2017. Apresiasi Puisi. Bengkulu.
Dameyanti. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi dengan Pendekatan Whole Languange dan Media Tiga Dimensi: Jurnal Edukasi Khatulistiwa.
Djamarah, Syaiful. Bahri., & Zain, Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kodir, Abdul.2018. Manajmen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Bandung: CV Pustaka.
Sudjana, Nana.2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suherli, Maman, Aji, & Istiqomah. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan.
Sunardi, Imam Sujadi. 2017. Sumber Belajar Calon peserta Program PLPG. Kementerian dan Kebudayaan Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.