Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi membaca pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Seluma. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif  kuantitaatif  yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Seluma pada bulan Februari 2021. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas XI SMA Negeri 2 Seluma yang berjumlah 256 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sebanyak 20% dari populasi berdasarkan teori persentase. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan literasi membaca. Validitas yang digunakan adalah validitas isi sedangkan teknik analisis data dalam penelitian  yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi membaca pada siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Seluma mendapat nilai rata-rata 46,62 dengan kategori kurang, sedangkan berdasarkan rumusan masalah secara khusus yang terdiri dari aspek yaitu: (1) Menemukan Informasi (Access and retrieve) dikategorikan kurang dengan nilai rata-rata  54,5. (2) Memahami (interpret and integrate) dikategorikan kurang yang menunjukan bahwa siswa memperoleh nilai rata-rata 54,09. (3) Mengevaluasi dan merefleksi (Evaluate and reflect) dikategorikan sangat kurang  dengan siswa memperoleh nilai rata-rata 33,99.

Article Details

How to Cite
sari, siska nopita, Yulistio, D., & Trianto, A. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(1), 162–170. https://doi.org/10.33369/jik.v7i1.17164

References

  1. Axford. 2009. Scaffolding Literacy: An integrated and sequential approach toteaching, reading, spelling and writing. Australia, ACER Press.
  2. Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Cetakan 1X.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
  3. OECD. 2013. PISA 2012 Assassement and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Diakses dari http://www.oecd.org pada tanggal 9 November 2020, Jam 08.15.
  4. Pusat Asesmen dan Pembelajaran. 2020. desain pengembangan soal AKM. Jakarta: Pusmenjar.
  5. Subandiyah, Heni. 2017. Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. UNY: Tidak Diterbitkan.
  6. Susetyo. 2015. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  7. Taylor. R.G & Mackenney,L . 2008. Improving human learning in the classroom: theories adn teaching practices: R&L educations.