Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi membaca pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Seluma. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif kuantitaatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Seluma pada bulan Februari 2021. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas XI SMA Negeri 2 Seluma yang berjumlah 256 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sebanyak 20% dari populasi berdasarkan teori persentase. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan literasi membaca. Validitas yang digunakan adalah validitas isi sedangkan teknik analisis data dalam penelitian yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi membaca pada siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Seluma mendapat nilai rata-rata 46,62 dengan kategori kurang, sedangkan berdasarkan rumusan masalah secara khusus yang terdiri dari aspek yaitu: (1) Menemukan Informasi (Access and retrieve) dikategorikan kurang dengan nilai rata-rata 54,5. (2) Memahami (interpret and integrate) dikategorikan kurang yang menunjukan bahwa siswa memperoleh nilai rata-rata 54,09. (3) Mengevaluasi dan merefleksi (Evaluate and reflect) dikategorikan sangat kurang dengan siswa memperoleh nilai rata-rata 33,99.
Article Details
Copyright (c) 2023 siska nopita sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Axford. 2009. Scaffolding Literacy: An integrated and sequential approach toteaching, reading, spelling and writing. Australia, ACER Press.
- Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Cetakan 1X.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
- OECD. 2013. PISA 2012 Assassement and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Diakses dari http://www.oecd.org pada tanggal 9 November 2020, Jam 08.15.
- Pusat Asesmen dan Pembelajaran. 2020. desain pengembangan soal AKM. Jakarta: Pusmenjar.
- Subandiyah, Heni. 2017. Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. UNY: Tidak Diterbitkan.
- Susetyo. 2015. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
- Taylor. R.G & Mackenney,L . 2008. Improving human learning in the classroom: theories adn teaching practices: R&L educations.
References
Axford. 2009. Scaffolding Literacy: An integrated and sequential approach toteaching, reading, spelling and writing. Australia, ACER Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Cetakan 1X.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
OECD. 2013. PISA 2012 Assassement and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Diakses dari http://www.oecd.org pada tanggal 9 November 2020, Jam 08.15.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. 2020. desain pengembangan soal AKM. Jakarta: Pusmenjar.
Subandiyah, Heni. 2017. Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. UNY: Tidak Diterbitkan.
Susetyo. 2015. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Taylor. R.G & Mackenney,L . 2008. Improving human learning in the classroom: theories adn teaching practices: R&L educations.