Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar siswa kelas VIII SMPN 21 Air Periukan Seluma. Menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 21 Air Periukan Seluma yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah total sampling yang berjumlah 40 orang siswa kelas VIII SMPN 21 Air Periukan Seluma. Data dalam penelitian ini adalah hasil kerja siswa menulis puisi dengan menggunakan media gambar kelas VIII SMPN 21 Air Periukan Seluma. Hasil analisis data, diketahui bahwa: (1) kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar siswa kelas VIII SMPN 21 Air Periukan Seluma secara umum dengan nilai rata-rata 70,0625kategori tinggi, (2) kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar siswa kelas VIII SMPN 21 Air Periukan Seluma untuk aspek tema dengan nilai rata-rata 23,8875 kategori sangat tinggi, (3) kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar siswa kelas VIII SMPN 21 Air Periukan Seluma untuk aspek diksi dengan nilai rata-rata 13,55 kategorikan tinggi, (4) kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar siswa kelas VIII SMPN 21 Air Periukan Seluma untuk aspek gaya bahasa dengan nilai rata-rata 9,1625 kategori cukup, (5) kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar siswa kelas VIII SMPN 21 Air Periukan Seluma untuk aspek imaji dengan nilai rata-rata 9,475 kategori cukup, (6) kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar siswa kelas VIII SMPN 21 Air Periukan Seluma untuk aspek amanat dengan nilai rata-rata 13,9875 kategori cukup

Article Details

How to Cite
ROKHMAH, N. N., Purwadi, A. J., & Kurniawan, R. (2022). KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 21 AIR PERIUKAN SELUMA. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(1), 74–84. https://doi.org/10.33369/jik.v6i1.17213

References

  1. Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Persada.
  2. Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
  3. Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.
  4. Mukhlis. 2020. Teknik Penulisan Puisi Teori Aplikasi dan Pendekatan. Jakarta: PT Metaforma Internusa.
  5. Nurgiyantoro, Burhan. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
  6. Pradopo, Rachmat Djoko. 2017. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: UGM Press.
  7. Santosa, Puji. 2009. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  8. Waluyo, Herman J. 1991. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
  9. Wati, Rima Ega.2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
  10. Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra Dan Beberapa Model Pembelajaran.Yogyakarta: Garudhawacara