Main Article Content

Abstract

Kemampuan menulis puisi siswa sejauh ini masih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kurang termotivasi dalam menulis puisi dan sulit menuangkan ide dalam menulis puisi terutama pada puisi bebas. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian menggunakan tema dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi dengan tema alam pada siswa kelas X IPA MAN 1 Model Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dengan jenis soal esai dalam bentuk praktik menulis puisi. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan penghitungan rata-rata dan penghitungan presentase ketuntasan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan inter rater. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis puisi dengan tema alam pada siswa kelas X IPA MAN 1 Model Kota Bengkulu memperoleh nilai rata-rata sebesar 75.53 dengan kategori (Baik). Kemampuan pada masing-masing aspek pembangun puisi diantaranya yaitu 1). rata-rata kemampuan menulis puisi dengan berdasarkan kesesuaian puisi dengan tema alam sebesar 8.87 dengan kategori (Sangat Baik), 2). kemampuan menulis puisi pada aspek diksi sebesar 24.79 dengan kategori (Sangat Baik). 3). Pada aspek tipografi sebesar 12.35 dengan kategori (Baik), 4). Pada aspek gaya bahasa sebesar 9.51 dengan kategori (Cukup), 5). Pada aspek imajinasi sebesar 11.89 dengan kategori (Baik), 6). Pada aspek amanat sebesar 8.09 dengan kategori (Baik). Dengan persentase ketuntasan sebesar 66% siswa sudah mampu menulis puisi dengan tema alam.

Article Details

How to Cite
Andriani, R., Utomo, P., & Gumono, G. (2022). KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEMA ALAM PADA SISWA KELAS X IPA DI MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(1), 48–62. https://doi.org/10.33369/jik.v6i1.18715

References

  1. Anggraini. (2019). Kemampuan Menulis Puisi Dengan Tema Hidup Sehat Pada Siswa Kelas X Tata Boga SMKN 3 Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, hal 363. Vol 3. No 2.
  2. Bunda, M. M., (2017) Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang. Makassar:Universitas Negeri Makassar. Jurnal Eprints, hal 17.
  3. Sayuti, S. A. (2008). Berkenalan Dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.
  4. Sholikhati, N. I. (2019). Peribahasa Indonesia. Yogyakarta: Pusat Kajian Bahasa.
  5. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  6. Sukino. (2010). Menulis Itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer LKiS Yogyakarta.
  7. Sulkifli, M. (2016). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Bastra, hal 10-11. Vol.1, No.1.
  8. Waluyo, H. J. (1987). Teori dan Apresiasi Puisi. Surakarta: Erlangga.
  9. Wirawan, A. K. (2018). Metode ATM (Amati, Tulis, Modifikasi) Untuk Pembelajaran Menulis Berwawasan Lingkungan. Jurnal Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hal 1. Doi 10.21776/ub.hastawiyata.2018.002.01.04