Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk, makna, dan fungsi eufemisme pada berita dalam situs Tribunnews.com. Data penelitian ini adalah berita pada situs Tribunnews.com yang diunggah pada bulan April tahun 2021. Data pada penelitian ini adalah berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang menunjukkan bentuk penghalusan. Sumber data pada penelitian ini adalah berita dalam situs Tribunnews.com yang dimuat selama bulan April 2021. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumen. Bentuk dokumen yang digunakan adalah berupa berita. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan membaca enam puluh dokumen yang telah didapat, kemudian peneliti  mengklasifikasikan bentuk kebahasan eufemisme, serta menganalisis makna dan fungsi eufemisme pada berita dalam situs Tribunnews.com. Hasil dari penelitian ini, yang pertama adalah bentuk kebahasan eufemisme yang ditemukan pada berita dalam situs Tribunnews.com. Terdapat empat bentuk kebahasaan eufemisme yang ditemukan pada berita dalam situs Tribunnews.com, yaitu bentuk kebahasaan berupa kata yaitu kata verba, nomina dan adjektiva, bentuk kebahasaan berupa frasa verba, nomina, dan adjektiva, bentuk kebahasaan berupa klausa verba, dan bentuk kebahasaan berupa kalimat berita. Yang kedua adalah terdapat empat fungsi eufemisme yang ditemukan pada penelitian ini, yaitu fungsi untuk menyamarkan makna, fungsi untuk bersikap sopan, fungsi untuk menghindari tabu, dan fungsi untuk merahasiakan sesuatu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk eufemisme berupa kata nomina lebih banyak ditemukan pada berita dalam situs Tribunnews.com dan fungsi yang paling banyak digunakan adalah untuk penyamaran makna yang berfungsi untuk menutupi suatu kenyataan.

Keywords

eufemisme berita tribunnews.com

Article Details

How to Cite
Meirawati, D., Diani, I., & Suryadi. (2023). Analisis Eufemisme Pada Berita Dalam Situs Tribunnews.Com. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(3), 393–406. https://doi.org/10.33369/jik.v6i3.19480

References

  1. Chaer, A. (2002). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  2. Hartari, I. G., Gelgel N. M., & Purnawarman, N. L. (2018). Aanalisis Isi Berita Kekerasan Seksual Tribunnews.com (Periode Berita Desember 2018). Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
  3. Kiling, S. N. & Jurianto (2016). The Use Of Euphemism in Dr Oz Indonesia TV Show. Anglicist Journal. 05(01)
  4. Pan, Q. (2013). A Tentative Study on the Functions and Applications of English Euphemism. Theory and Practice in Language Studies. 3(11)
  5. Parera, J. D. (2004). Teori Semantik Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  6. Sutarman. (2017). Tabu Bahasa dan Eufemisme. Surakarta: Yuma Pustaka.
  7. Wahyuningsih. (2020). Eufemisme Dalam Debat Capres Indonesia. Tesis. Semarang: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.
  8. Wijana, I. D. (2015). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.