Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran teks eksplanasi menggunakan aplikasi powtoon untuk siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Lebong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Lebong dan Waktu penelitian akan dilaksanakan pada saat tahun ajaran baru pada bulan September Tahun 2021, Data yang didapat dalam penelitian ini berupa data yang didapat dengan memberikan selembaran pertanyaan seputar powtoon dan sumber data dalam penelitian ini ada 2 yaitu, sumber data yaitu guru mata pelajaran bahasa indonesia SMA Negeri 1 Lebong dan 24 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Lebong. Teknik pengumpulan data menggunakan interview (wawancara) dan dokumentasi.Teknik analisis Instrumen dalam penelitian ini ada dua yaitu pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data mengadaptasi dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran teks eksplanasi dengan menggunakan media berbasis aplikasi powtoon siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 sudah dilaksanakan sesuai dengan dengan kurikulum 2013, yaitu terdapat tahap pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi powtoon ini siswa lebih tertarik memperhatikan dan menyimak materi pembelajaran yang ditampilkan dalam bentuk video animasi serta memiliki karakter yang bergerak dibandingkan dengan tanpa menggunakan aplikasi powtoon pembelajaran akan sangat monoton dan juga kurang menyenangkan, dengan adanya powtoon ini akan membuat guru menjadi kreatif dalam membuat materi pembelajaran menjadi semenarik mungkin agar membuat siswa senang dengan materi yang akan diajarkan sehingga akan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Kemudian komponen pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari tujuan pembelajaran, alat dan bahan pembelajaran, model pembelajaran, sumber pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran serta seluruh pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan dengan baik.
Article Details
Copyright (c) 2023 Yori Hayyan Dafa, Muhammad Arifin, Agus Trianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada
- Ernalida. 2018. “Powtoon: Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menarik dan Kreatif.” Jurnal Logat 2.
- Juliana, Erfienni, dan Rini. 2017. “Pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon pada pokok bahasan struktur atom di kelas X SMA/Sederajat.” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan 1-10.
- Mafita Sari dan Suci Rohayati. 2017. Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. Volume 12 Nomor 1
References
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Ernalida. 2018. “Powtoon: Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menarik dan Kreatif.” Jurnal Logat 2.
Juliana, Erfienni, dan Rini. 2017. “Pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon pada pokok bahasan struktur atom di kelas X SMA/Sederajat.” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan 1-10.
Mafita Sari dan Suci Rohayati. 2017. Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. Volume 12 Nomor 1