Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran  keterampilan menulis puisi dengan teknik perancah majas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini guru dan siswa dengan jumlah populasi siswa yaitu sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumen, dan wawancara. Data pada penelitian ini berupa ucapan dan perbuatan guru dan siswa pada pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan teknik perancah majas bahasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, teknik perancah majas yang diterapkan pada pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A terlihat para peserta didik timbul rasa motivasi belajar dan menyelesaikan tugas secara mandiri. Namun, penerapan teknik perancah majas yang dilakukan oleh guru pada peserta didik belum sesuai dengan prosedur pembelajaran perancah sebagai mana mestinya.

Keywords

pembelajaran keterampilan menulis puisi teknik perancah majas

Article Details

How to Cite
Jumarta, R., Trianto, A., & Wisman. (2023). Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Dengan Teknik Perancah Majas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(3), 417–423. https://doi.org/10.33369/jik.v6i3.23068

References

  1. Akhmad Sudrajat. 2013. Pembelajaran Scaffolding untuk Kesuksesan Belajar Siswa. Blog Pendidikan Akhmad Sudrajat Tentang Pendidikan,(online). (https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/12/02/pembelajaran-scaffolding-untuk-kesuksesan-belajar-siswa/ diakses 2 Desember 2013).
  2. Dalman. 2020. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
  3. Djamarah, Syaiful. Bahri., & Zain, Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Etnografi: Kajian Filosofis Teoritis Dan Aplikatif Dilengkapi Contoh, Proses, Dan Hasil Penelitian Bidang Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora. Malang: Literasi Nusantara.
  5. Hasani, Aceng. 2005. Ihwal Menulis. Serang: Untirta Press.
  6. J.Waluyo, Herman.1991. Teori Dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
  7. Kodir, Abdul.2018. Manajmen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Bandung: CV Pustaka.
  8. Masruchin, Ulin Nuha. 2017. Buku Pintar Majas, Pantun, Dan Puisi. Yogyakarta: Huta Publisher.
  9. Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
  10. Tarigan, H. G. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  11. Wahyuni, Ristri. 2014. Kitab Lengkap Puisi, Prosa, Dan Pantun Lama. Jogjakarta: Saufa.
  12. Winarni, E. W., 2018, Teori dan Praktek Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D) Jakarta : Bumi Aksara.
  13. Yunus, S. M. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
  14. Trianto, Agus, Titik Harsiati, dan E. Kosasih. 2018. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.