Isi Artikel Utama
Abstrak
Rofi, Jumarta. 2022. Pembelajaran keterampilan Menulis Puisi dengan Teknik Perancah Majas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama: Dr. Agus Trianto, M.Pd. dan Pembimbing Pendamping: Wisman, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan teknik perancah majas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini guru dan siswa dengan jumlah populasi siswa yaitu sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumen, dan wawancara. Data pada penelitian ini berupa ucapan dan perbuatan guru dan siswa pada pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan teknik perancah majas bahasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, teknik perancah majas yang diterapkan pada pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A terlihat para peserta didik timbul rasa motivasi belajar dan menyelesaikan tugas secara mandiri. Namun, penerapan teknik perancah majas yang dilakukan oleh guru pada peserta didik belum sesuai dengan prosedur pembelajaran perancah sebagai mana mestinya.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Rofi Jumarta, Agus Trianto, Wisman

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Akhmad Sudrajat. 2013. Pembelajaran Scaffolding untuk Kesuksesan Belajar Siswa. Blog Pendidikan Akhmad Sudrajat Tentang Pendidikan,(online). (https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/12/02/pembelajaran-scaffolding-untuk-kesuksesan-belajar-siswa/ diakses 2 Desember 2013).
- Dalman. 2020. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
- Djamarah, Syaiful. Bahri., & Zain, Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Etnografi: Kajian Filosofis Teoritis Dan Aplikatif Dilengkapi Contoh, Proses, Dan Hasil Penelitian Bidang Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora. Malang: Literasi Nusantara.
- Hasani, Aceng. 2005. Ihwal Menulis. Serang: Untirta Press.
- J.Waluyo, Herman.1991. Teori Dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
- Kodir, Abdul.2018. Manajmen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Bandung: CV Pustaka.
- Masruchin, Ulin Nuha. 2017. Buku Pintar Majas, Pantun, Dan Puisi. Yogyakarta: Huta Publisher.
- Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
- Tarigan, H. G. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
- Wahyuni, Ristri. 2014. Kitab Lengkap Puisi, Prosa, Dan Pantun Lama. Jogjakarta: Saufa.
- Winarni, E. W., 2018, Teori dan Praktek Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D) Jakarta : Bumi Aksara.
- Yunus, S. M. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Trianto, Agus, Titik Harsiati, dan E. Kosasih. 2018. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Referensi
Akhmad Sudrajat. 2013. Pembelajaran Scaffolding untuk Kesuksesan Belajar Siswa. Blog Pendidikan Akhmad Sudrajat Tentang Pendidikan,(online). (https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/12/02/pembelajaran-scaffolding-untuk-kesuksesan-belajar-siswa/ diakses 2 Desember 2013).
Dalman. 2020. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
Djamarah, Syaiful. Bahri., & Zain, Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Etnografi: Kajian Filosofis Teoritis Dan Aplikatif Dilengkapi Contoh, Proses, Dan Hasil Penelitian Bidang Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora. Malang: Literasi Nusantara.
Hasani, Aceng. 2005. Ihwal Menulis. Serang: Untirta Press.
J.Waluyo, Herman.1991. Teori Dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Kodir, Abdul.2018. Manajmen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Bandung: CV Pustaka.
Masruchin, Ulin Nuha. 2017. Buku Pintar Majas, Pantun, Dan Puisi. Yogyakarta: Huta Publisher.
Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyuni, Ristri. 2014. Kitab Lengkap Puisi, Prosa, Dan Pantun Lama. Jogjakarta: Saufa.
Winarni, E. W., 2018, Teori dan Praktek Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D) Jakarta : Bumi Aksara.
Yunus, S. M. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Trianto, Agus, Titik Harsiati, dan E. Kosasih. 2018. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.