Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan  model pembelajaran Kooperatif terpadu membaca dan menulis/CIRC pada pembelajaran menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. subjek pada penelitian ini guru yang melaksanakan pembelajaran dan siswa yang sedang melaksanakan proses pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif membaca dan menulis/ CIRC. Teknis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis/CIRC dilaksanakan sesuai dengan rancangan pembelajaran yang dirancang oleh guru pada masa pandemi, Guru memberikan materi pembelajaran dengan alokasi 60 menit dalam satu pertemuan dengan satu pertemuan dilakukan dengan dua fase pembelajaran dikarenakan faktor pandemi. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dua kali pertemuan, kemudian guru memberi penilaian pada hasil pembelajaran berdasarkan kriteria penilaian yang terdapat pada rubrik dan disesuaikan dengan Rencana pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh guru.

Article Details

How to Cite
Wahidah, H., Utomo, P., & Arono. (2023). PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS/CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(2), 253–261. https://doi.org/10.33369/jik.v6i2.23069

References

  1. Suprojono, Agus. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelaja
  2. Suprojono, Agus. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
  3. Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: PT Rineka cipta.
  4. Danim, Sudarwan. 2006. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.
  5. Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
  6. Hyland, K. (2013). Disciplinary Discourses: Social Interactions in Academic Writing. University of Michigan Press. https://muse.jhu.edu/book/22712.
  7. Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.