Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiman pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita fantasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G dan siswa kelasVII H SMP N 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis data kualitatif ada empat tahap yaitu, pengumpulan data, merangkum data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit, yang mana pada pertemuan pertama siswa mengamati sebuah teks cerita fantasi dan pertemuan kedua siswa mengamati video cerita fantasi. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan tiga tahap pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan yaitu menarik perhatian peserta didik dengan mengucapkan salam dan menyapa peserta didik, guru mengecek kehadiran siswa, menimbulkan motivasi belajar peserta didik, mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang, kegiatan inti yang mana di dalam pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita fantasi menggunakan pendekatan saintifik yang mempunyai beberapa tahap yaitu mengamati teks cerita fantasi, mengumpulkan informasi dari apa yang diamati, mengolah informasi berdasarkan tugas yang diberikan guru dan kesimpulan dilaksanakan oleh guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP N 2 Kota Bengkulu, dan kegiatan penutup yang dilakukan hanya dengan mengucapkan salam dikarenakan keterbatasan waktu. Diakhir pembelajaran guru memberi penilaian pada hasil pembelajaran berdasarkan krtiteria penilaian yang terdapat pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru.
Kata kunci: Pelaksanaan pembelajaran, Menulis, Cerita fantasi
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 A’isyah Mutia Sandy, Agus Joko Purwadi, Arono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
- Fathurohman,Muhammad.2015. Model-modelPembelajaran Inovatif. Depok: AR-Ruzz Media.
- Kodir, Abdul. 2018. Manajmen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Bandung: CV Pustaka.
- Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- Mulyasa, Enco. 2007Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Nurgiyantoro, Burhan. 2008. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
- Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Rusman. 2014. Model-Model Peembelajaran. Depok: PT Bumi Aksara.
- Sunardi, Imam Sujadi.2017. Sumber Belajar Calon peserta Program PLPG. Kementerian dan Kebudayaan Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.
- Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
- Umar & Syambasril. 2014. Program Pengalaman Lapangan-1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
Referensi
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Fathurohman,Muhammad.2015. Model-modelPembelajaran Inovatif. Depok: AR-Ruzz Media.
Kodir, Abdul. 2018. Manajmen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Bandung: CV Pustaka.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, Enco. 2007Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2008. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rusman. 2014. Model-Model Peembelajaran. Depok: PT Bumi Aksara.
Sunardi, Imam Sujadi.2017. Sumber Belajar Calon peserta Program PLPG. Kementerian dan Kebudayaan Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Umar & Syambasril. 2014. Program Pengalaman Lapangan-1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura