Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa Kelas X IPA SMAN 4 Kaur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Proses pengumpulan data juga didukung oleh lembar pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru yang melaksanakan pembelajaran kepada siswa materi menulis teks eksposisi pada 2 (dua) kali pertemuan  pembelajaran dan masing-masing dilakukan 90 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks eksposisi dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model discovery learning. Metode pembelajaran dilaksanakan melalui diskusi dan tanya-jawab. Guru membagi para murid dalam beberapa kelompok belajar. Dalam hal ini, setiap siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan pertanyaan ditanggapi oleh kelompok lainnya. Kemuadian guru memberi penilaian hasil pembelajaran berdasarkan kriteria penilaian yang dibuat guru.

Keywords

pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksposisi

Article Details

How to Cite
Putra, D. A., yulistio, D., & Kurniawan, R. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X IPA SMAN 4 Kaur. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(3), 384–392. https://doi.org/10.33369/jik.v6i3.23074

References

  1. Abdurahman dan Waluyo, 2000. Pendidikan anak bermasalah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  2. Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Djumingin, S. 2017. Teks Eksposisi Dan Perangkatnya. Makasar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makasar Gedung Perpustakaan Lt, I Kampus UNM Gunungsari.
  4. Jaya, F. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.
  5. Kodir, Abdul. 2018. Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: CV Pustaka
  6. Logita, Fransisca, dkk. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Eksposisi Menggunakan Pendekatan Saintifik di MTS 2 Negeri Pontianak. Pontianak: Universtas Pontianak.
  7. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
  8. Sunardi, Imam Sujadi.2017. Sumber Belajar Calon peserta Program PLPG. Kementerian dan Kebudayaan Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.
  9. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.