Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa Kelas X IPA SMAN 4 Kaur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Proses pengumpulan data juga didukung oleh lembar pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru yang melaksanakan pembelajaran kepada siswa materi menulis teks eksposisi pada 2 (dua) kali pertemuan pembelajaran dan masing-masing dilakukan 90 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks eksposisi dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model discovery learning. Metode pembelajaran dilaksanakan melalui diskusi dan tanya-jawab. Guru membagi para murid dalam beberapa kelompok belajar. Dalam hal ini, setiap siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan pertanyaan ditanggapi oleh kelompok lainnya. Kemuadian guru memberi penilaian hasil pembelajaran berdasarkan kriteria penilaian yang dibuat guru.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Deriksya Adica Putra, Didi yulistio, Rio Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abdurahman dan Waluyo, 2000. Pendidikan anak bermasalah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
- Djumingin, S. 2017. Teks Eksposisi Dan Perangkatnya. Makasar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makasar Gedung Perpustakaan Lt, I Kampus UNM Gunungsari.
- Jaya, F. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.
- Kodir, Abdul. 2018. Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: CV Pustaka
- Logita, Fransisca, dkk. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Eksposisi Menggunakan Pendekatan Saintifik di MTS 2 Negeri Pontianak. Pontianak: Universtas Pontianak.
- Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
- Sunardi, Imam Sujadi.2017. Sumber Belajar Calon peserta Program PLPG. Kementerian dan Kebudayaan Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.
- Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.
References
Abdurahman dan Waluyo, 2000. Pendidikan anak bermasalah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Djumingin, S. 2017. Teks Eksposisi Dan Perangkatnya. Makasar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makasar Gedung Perpustakaan Lt, I Kampus UNM Gunungsari.
Jaya, F. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara.
Kodir, Abdul. 2018. Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: CV Pustaka
Logita, Fransisca, dkk. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Eksposisi Menggunakan Pendekatan Saintifik di MTS 2 Negeri Pontianak. Pontianak: Universtas Pontianak.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sunardi, Imam Sujadi.2017. Sumber Belajar Calon peserta Program PLPG. Kementerian dan Kebudayaan Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.