Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 06 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk esai yaitu menulis teks berita dengan tema virus corona (covid-19). Teknik analisis data dalam penelitian ini, statistika sederhana dengan menghitung rata-rata dari setiap aspek, serta mencari skor akhir. Penelitian ini dinilai berdasarkan lima aspek dalam menulis teks berita, yaitu: kesesuain isi dengan judul, struktur berita, pemilihan kata, ketepatan kalimat dan ejaan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa pada kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 06 Kota Bengkulu di peroleh nilai rata-rata 57,51 kategori cukup. Aspek kesesuaian isi dengan judul diperoleh nilai rata-rata 12,94 kategori cukup, aspek struktur berita diperoleh nilai rata-rata 13,81 kategori cukup, aspek pemilihan kata atau diksi diperoleh nilai rata-rata 12,37 kategori cukup, aspek ketepatan kalimat diperoleh nilai rata-rata 12,31 kategori cukup, aspek ejaan diperoleh nilai rata-rata 6,29 kategori cukup.
Article Details
License
Copyright (c) 2023 AFika Elvia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Elvia, A. (2023). Kemampuan Menulis Teks Berita siswa Kelas VIII SMPN 06 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(2), 173–181. https://doi.org/10.33369/jik.v6i2.23304