Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 06 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk esai yaitu menulis teks berita dengan tema virus corona (covid-19). Teknik analisis data dalam penelitian ini, statistika sederhana dengan menghitung rata-rata dari setiap aspek, serta mencari skor akhir. Penelitian ini dinilai berdasarkan lima aspek dalam menulis teks berita, yaitu: kesesuain isi dengan judul, struktur berita, pemilihan kata, ketepatan kalimat dan ejaan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa pada kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 06 Kota Bengkulu di peroleh nilai rata-rata 57,51 kategori cukup. Aspek kesesuaian isi dengan judul diperoleh nilai rata-rata 12,94 kategori cukup, aspek struktur berita diperoleh nilai rata-rata 13,81 kategori cukup, aspek pemilihan kata atau diksi  diperoleh nilai rata-rata 12,37 kategori cukup, aspek ketepatan kalimat diperoleh nilai rata-rata 12,31 kategori cukup, aspek ejaan diperoleh nilai rata-rata 6,29 kategori cukup.

Article Details

How to Cite
Elvia, A. (2023). Kemampuan Menulis Teks Berita siswa Kelas VIII SMPN 06 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(2), 173–181. https://doi.org/10.33369/jik.v6i2.23304