Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1)untuk mendeskripsikan wujud penggunaan tindak tutur direktif Bahasa Lembak di Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu. 2)untuk mendeskripsikan fungsi tindak tutur direktif pada kegiatan sehari-hari masyarakat Lembak di Kecamatan Sungai serut Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian deskriptif tidak mempertimbangkan benar salahnya penggunaan bahasa oleh penutur-penuturnya, karena hal itu merupakan cirinya yang pertama dan terutama. Sumber data pada penelitian ini adalah Sumber data penelitian adalah bahasa yang digunakan, masyarakat berbahasa lembak di kegiatan interaksi dan transaksi keseharian masyarakat lembak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif .Sumber data penelitian adalah bahasa yang digunakan, masyarakat berbahasa lembak di kegiatan interaksi dalam suasana banjir dan transaksi jual beli keseharian masyarakat lembak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik simak, teknik rekam, dan teknik catat. Berdasarkan hasil dan pembahasan tentang tindak tutur direktif dalam intekasi masyarakat Lembak di Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu, diperoleh beberapa wujud tindak tutur direktif dan fungsi tindak tutur sebagai berikut: Wujud tindak tutur direktif yang digunakan pada masyarakat Lembak di Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu, yaitu: 1) wujud perintah sebanyak 17 tuturan , 2) wujud permintaan sebanyak 21 tuturan, 3)


wujud ajakan 14 sebanyak tuturan, 4) wujud larangan sebanyak 6 tuturan, 5) wujud nasihat sebanyak 13 tuturan, 6) wujud kritikan sebanyak 3 tuturan. fungsi tindak tutur direktif pada kegiatan interaksi dan transaksi masyarakat Lembak di Kecamatan Sungai serut Kota Bengkulu, yaitu: fungsi perintah, fungsi permintaan, fungsi ajakan, fungsi larangan, fungsi nasihat, dan fungsi kritikan.

Article Details

How to Cite
pramesuary, I. pramesuary, Diani, I., & Basuki, R. (2023). TINDAK TUTUR DIREKTIF BAHASA LEMBAK DI KECAMATAN SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(2), 182–199. https://doi.org/10.33369/jik.v6i2.23391