Main Article Content

Abstract

Karya sastra merupakan karya seni berbentuk lisan maupun tulisan yang menggunakan bahasa sebagai mediumnya untuk memberikan gambaran hidup. Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai moral pada film Our Shining Days《闪光少女; shǎnguāng shàonǚ》karya Wang Ran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai- nilai moral yang terdapat pada film Our Shining Days《闪光少女》karya Wang Ran. Film ini bercerita tentang sekolah musik yang memiliki dua jurusan yaitu jurusan musik tradisional Cina dan juga jurusan musik klasik yang tidak akur satu sama lain. Pada penelitian ini teori yang digunakan adalah teori sosiologi sastra dari Alan Swingewood. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa dialog dan tindakan para tokoh yang memuat nilai-nilai moral. Sumber data penelitian ini adalah film Our Shining Days《闪光少女》 karya Wang Ran. Hasil penelitian menunjukan bahwa wujud nilai moral yang terdapat pada film Our Shining Days《闪光少女》 karya Wang Ran adalah hubungan manusia dengan diri sendiri dengan nilai moral baik yaitu kerja keras dan keberanian serta hubungan manusia dengan manusia lain dengan nilai moral baik yaitu suka menolong, peduli, kerja sama­ dan musyawarah serta nilai moral buruk yaitu merendahkan dan diskriminasi.

Article Details

How to Cite
Adha, T. K. R., & Nastiti, F. N. (2022). NILAI MORAL DALAM FILM OUR SHINING DAYS KARYA WANG RAN. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(2), 129–142. https://doi.org/10.33369/jik.v6i2.23428

References

  1. Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2017). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. CV. Djiwa Amarta Press.
  2. Azhar, A. (2010). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
  3. HS, A. K., & Edy, S. (2018). Kajian Kesusastraan (Sebuah Pengantar). CV. AE Media Grafika.
  4. Limbong, F. V. N. (2021). Analisis Nilai Moral Terhadap Tokoh Utama Pada Film Da Shuai Xiong. Universitas Sumatera Utara.
  5. Noviana, F. (2020). Moral Values in Hayao Miyazaki’s Sprited Away: A Sociology of Literature Approach. Humanika, 27(1), 23–32.
  6. Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
  7. Ran, W. (2017). Our Shining Days. Edko Films.
  8. Sholekah, H. D. (2019). Nilai Moral Tokoh Utama dalam Film Ocean Heaven??????Karya Xue Xiaolu(???) (Kajian Sosiologi Sastra). Mandarin UNESA, 02(01), 1–8.
  9. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
  10. Sujarwa. (2019). Model & Paradigma Teori Sosiologi Sastra.
  11. Swingewood, A., & Laurenson, D. T. (1972). The Sociology of Literature. Schocken Books Inc.
  12. Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Penerbit Garudhawaca.