Main Article Content
Abstract
Kemampuan menulis puisi dapat mengembangkan kreativitas siswa sehingga diajarkan di tingkat SMP, Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi berdasarkan lingkungan sekolah siswa kelas VIII SMPN 15 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini semua siswa kelas VIII SMPN 15 Bengkulu Utara yang berjumlah 44 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis puisi berdasarkan lingkungan sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan menulis puisi berdasarkan lingkungan sekolah kelas VIII SMPN 15 Bengkulu Utara adalah 77,46 dengan kategori baik. Rata-rata kemampuan menulis puisi siswa berdasarkan aspek kesesuaian isi dengan tema adalah 24,83 dengan kategori baik, rata-rata kemampuan menulis puisi siswa berdasarkan aspek diksi adalah 23,82 dengan kategori baik, rata-rata kemampuan menulis puisi siswa berdasarkan tipografi adalah 7,27 dengan kategori baik, rata-rata kemampuan menulis puisi siswa berdasarkan aspek pencitraan adalah 7,23 dengan kategori baik, rata-rata kemampuan menulis puisi siswa berdasarkan aspek gaya bahasa adalah 7,26 dengan kategori baik. dan rata-rata kemampuan menulis siswa berdasarkan aspek amanat adalah 7,05 dengan kategori baik.
Article Details
Copyright (c) 2023 `Nurul Aini Aini, Noermanzah, Catur Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Akhadiah. S. (2010). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
- Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
- Cahyani. (2006). Pendidikan Bahasa Indonesia. Bandung: UPI PRESS.
- Dalyono. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
- Djojosuroto. (2005). Pendekatan dan Pembelajaran Puisi. Bandung: Nuansa.
- Darmadi. K. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan Untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
- Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
- Hartig. G. (2008). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.
- Jabrohim. (2001). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.
- Keraf. G. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta. Gramedia.
- Khulasoh. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi menggunakan Media Audio Visual Pokok Bahasan Melengkapi Puisi Anak Berdasarkan Gambar Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 9(1), 1322.
- Kosasih. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.
- Mar'at. (2005) Psikolinguistik Suatu Pengantar.Bandung : Refika Aditama.
- Supriyadi. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Model Sinektik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 1(3), 01–211. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/2726
- Susetyo. (2019). Metode Penelitian Pendidikan untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Bengkulu : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
- Wijaya, H. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kontruktiviss Siswa Kelas v. Jurnal Premiere Educadum,4(2),147155.http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/v
References
Akhadiah. S. (2010). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Cahyani. (2006). Pendidikan Bahasa Indonesia. Bandung: UPI PRESS.
Dalyono. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Djojosuroto. (2005). Pendekatan dan Pembelajaran Puisi. Bandung: Nuansa.
Darmadi. K. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan Untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Hartig. G. (2008). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.
Jabrohim. (2001). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.
Keraf. G. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta. Gramedia.
Khulasoh. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi menggunakan Media Audio Visual Pokok Bahasan Melengkapi Puisi Anak Berdasarkan Gambar Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 9(1), 1322.
Kosasih. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.
Mar'at. (2005) Psikolinguistik Suatu Pengantar.Bandung : Refika Aditama.
Supriyadi. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Model Sinektik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 1(3), 01–211. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/2726
Susetyo. (2019). Metode Penelitian Pendidikan untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Bengkulu : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Wijaya, H. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kontruktiviss Siswa Kelas v. Jurnal Premiere Educadum,4(2),147155.http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/v