Main Article Content

Abstract

Kemampuan menulis puisi dapat mengembangkan kreativitas siswa sehingga diajarkan di tingkat SMP, Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi berdasarkan lingkungan sekolah siswa kelas VIII SMPN 15 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel  dalam penelitian ini semua siswa kelas VIII SMPN 15 Bengkulu Utara yang berjumlah 44 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis puisi berdasarkan lingkungan sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan menulis puisi berdasarkan lingkungan sekolah kelas VIII SMPN 15 Bengkulu Utara adalah 77,46 dengan kategori baik.  Rata-rata kemampuan menulis puisi siswa berdasarkan aspek kesesuaian isi dengan tema adalah 24,83 dengan kategori baik, rata-rata kemampuan menulis puisi siswa berdasarkan aspek diksi adalah 23,82 dengan kategori baik, rata-rata kemampuan menulis puisi siswa berdasarkan tipografi adalah 7,27 dengan kategori baik, rata-rata kemampuan menulis puisi siswa berdasarkan aspek pencitraan  adalah 7,23 dengan kategori baik, rata-rata kemampuan menulis puisi siswa berdasarkan aspek gaya bahasa adalah 7,26 dengan kategori  baik. dan rata-rata kemampuan menulis siswa berdasarkan aspek amanat adalah 7,05 dengan kategori baik.

Article Details

How to Cite
Aini, `Nurul, Noermanzah, & Wulandari, C. (2023). Kemampuan Menulis Puisi Berdasarkan Lingkungan Sekolah Siswa Kelas VII SMPN 15 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(1), 87–95. https://doi.org/10.33369/jik.v7i1.24510

References

  1. Akhadiah. S. (2010). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  2. Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
  3. Cahyani. (2006). Pendidikan Bahasa Indonesia. Bandung: UPI PRESS.
  4. Dalyono. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
  5. Djojosuroto. (2005). Pendekatan dan Pembelajaran Puisi. Bandung: Nuansa.
  6. Darmadi. K. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan Untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
  7. Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
  8. Hartig. G. (2008). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.
  9. Jabrohim. (2001). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.
  10. Keraf. G. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta. Gramedia.
  11. Khulasoh. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi menggunakan Media Audio Visual Pokok Bahasan Melengkapi Puisi Anak Berdasarkan Gambar Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 9(1), 1322.
  12. Kosasih. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.
  13. Mar'at. (2005) Psikolinguistik Suatu Pengantar.Bandung : Refika Aditama.
  14. Supriyadi. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Model Sinektik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 1(3), 01–211. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/2726
  15. Susetyo. (2019). Metode Penelitian Pendidikan untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Bengkulu : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
  16. Wijaya, H. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kontruktiviss Siswa Kelas v. Jurnal Premiere Educadum,4(2),147155.http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/v