Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripikan pendidikan karakter dalam novel Padang Bulan Karya Andrea Hirata. Metode penelitian yang digunakan ialah metode struktural dengan pendekatan objektif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu novel Padang Bulan karya Andrea Hirata yang di terbitkan oleh Bentang Pustaka, Yogyakarta tahun 2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata mengandung proses dan nilai-nilai pendidikan karakter seperti, motivasi belajar, keberanian, ketabahan, pantang menyerah, bertanggung jawab, mandiri, bijaksana, sportivitas, amanah, disiplin.

Article Details

How to Cite
Sari, M., Amrizal, & Hiasa, F. (2023). Pendidikan Karakter Pada Novel Padang Bulan Karya Andrea Hirata. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(1), 129–141. https://doi.org/10.33369/jik.v7i1.24596

References

  1. Hasanuddin. (2019). Drama Kajian Dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.
  2. Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  3. Hirata, A. (2011). Padang Bulan. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
  4. Teeuw, A. (2003). Sastera dan Ilmu Sastera. Jakarta: Pustaka Jaya.
  5. Siswantoro. (2010). Metode Analisis Sastra Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.