Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripikan pendidikan karakter dalam novel Padang Bulan Karya Andrea Hirata. Metode penelitian yang digunakan ialah metode struktural dengan pendekatan objektif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu novel Padang Bulan karya Andrea Hirata yang di terbitkan oleh Bentang Pustaka, Yogyakarta tahun 2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata mengandung proses dan nilai-nilai pendidikan karakter seperti, motivasi belajar, keberanian, ketabahan, pantang menyerah, bertanggung jawab, mandiri, bijaksana, sportivitas, amanah, disiplin.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sari, M. (2023). Jurnal artikel. Jurnal Korpus, 7(1), 129–141. https://doi.org/10.33369/jik.v7i1.24596

Referensi

    Hasanuddin. (2019). Drama Kajian Dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.
    Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
    Hirata, A. (2011). Padang Bulan. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
    Teeuw, A. (2003). Sastera dan Ilmu Sastera. Jakarta: Pustaka Jaya.
    Siswantoro. (2010). Metode Analisis Sastra Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.