Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran mata kuliah keterampilan dasar menulis secara online dengan memanfaatkan Canva yang akan diujicobakan pada mata kuliah keterampilan dasar menulis kepada mahasiswa semester dua. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Instrumen yang digunakan yaitu materi pembelajaran dan tes yang dikembangkan secara online. Pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Pada penelitian ini tahap disseminate tidak dilaksanakan secara luas karena produk hanya terbatas penggunaannya kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut. Penilaian berdasarkan lembar validasi ahli berada pada kualifikasi valid dengan rata-rata 3,80. Penilaian berdasarkan kuesioner respon mahasiswa berada pada kualifikasi sangat baik dengan rata-rata 3,30. Penilaian berdasarkan hasil tes mahasiswa berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata 84,24. Jadi, pengembangan media pembelajaran keterampilan dasar menulis berbasis online menggunakan Canva layak untuk dikembangkan di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Article Details

How to Cite
Yusuf, W., & Hiasa, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Dasar Menulis Menggunakan Aplikasi Canva . Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(1), 171–180. https://doi.org/10.33369/jik.v7i1.24616

References

  1. Andina E. 2011. Buku digital dan pengaturannya. Aspirasi 2(1):119-146.
  2. Febrianto, G.L., Sulton., dan Praherdiono, H. 2020. Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Pelatihan Instalasi Tenaga Listrik. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 149- 157.
  3. Gorghiu. 2011. The electronic book - a modern instrument used in teachers’ training process. Procedia Computer Science 3 (2011):563-567.
  4. Hamdani, Yuke Yuliani dkk. 2017. G Suite. Bandung: Lembaga Sistem Informasi.
  5. Haryanto, Rudi, 2015. Cerdas Jelajah Internet. Jakarta: Kriya Pustaka.
  6. Info Komputer, Inilah 8 akuisisi Terbesar Google, dalam https://www.infokomputer.com/2014/07/fitur/inilah-8-akuisisi-terbesargoogle/, diakses tanggal 25 Februari 2022.
  7. Kemendikbud. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  8. Melinda, Tiara dan Erwin Rahayu Saputra. 2021. Canva Sebagai Media Pembelajaran Ipa Materi Perpindahan Kalor Di SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Vol. 5, No. 2, Bulan Juli Tahun 2021, Hal. 96-101
  9. Nursaid. 2014. “Urgensi Reorientasi Penyiapan Guru Bahasa Indonesia untuk Mengimplementasikan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Genre Teks”. Makalah Disajikan dalam Seminar Internasional Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, Kerja Sama Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang dengan Institut Pendidikan Guru Kampus Tun Hussein Onn, Batu Pahat, Johor, Malaysia. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FBS UNP. Padang Teater Tertutup FBS UNP 20 Maret 2014.
  10. Ramdania DR, Sutarno H & Waslaluddin. 2007. Penggunaan media flash flipbook dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasiuntukmeningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan 1(1):1-6.
  11. Resmini, Setya dkk. 2021. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Vol 4 (2) Juli, 2021, 335-343.
  12. Riyanto, Lukman & Subagyo. 2012. Pengembangan digital library local content pekalongan
  13. dalam format buku 3 dimensi. Jurnal LIPI 1(1):1-13.
  14. Rusdiana, Riza Yuli dkk. 2021. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 4 (3): hal. 209-213
  15. Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
  16. Shideqy D.A.& Lestari. 2010. Pemanfaatan Buku Elektronik untuk Pembelajarandi Sekolah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
  17. Sudjana, D. 1993. Metoda danTteknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Nusantara Press.
  18. Supriadi, Dedi. 1999. Mengangkat Citra Guru dan Martabat Guru. Yoyakarta: Adicita Karya Nusa.
  19. Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  20. Tanjung, R.E., dan Faiza, D. 2019. Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 79-85.
  21. Trianto. 2009. Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  22. Wikipedia, Canva (online) (https://id.wikipedia.org/wiki/Canva), diakses pada 20 Agustus 2022.