Main Article Content

Abstract

 


Kemampuan menulis teks prosedur dapat menambah wawasan dan kreativitas siswa sehingga diajarkan di tingkat SMA, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Bengkulu yang berjumlah 460 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sample random sampling, yaitu sampel acak sebanyak 15% dari jumlah populasi sebanyak 63 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis teks prosedur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu statistik sederhana dengan menghitung rata-rata. Hasil penelitian ini secara umum menunjukan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Bengkulu termasuk dalam kemampuan baik dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,769. Hasil penelitian ini secara khusus dari setiap aspek diketahui bahwa dari aspek isi termasuk dalam kemampuan baik dengan memperoleh rata-rata sebesar 23,8, pada aspek struktur termasuk dalam kemampuan sangat baik dengan memperoleh rata-rata sebesar 17, pada aspek diksi termasuk dalam kemampuan baik dengan memperoleh rata-rata sebesar 13,6, pada aspek penggunaan bahasa termasuk dalam kemampuan baik dengan memperoleh rata-rata sebesar 14,4, pada aspek mekanik termasuk dalam kemampuan cukup dengan memperoleh rata-rata 6,9.

Article Details

How to Cite
Distriza, Y., Arifin, M., & gumono. (2023). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.33369/jik.v7i1.24631

References

  1. Alek, A. d. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi Substansi Kajian dan Penerapannya. Jakarta: Erlangga.
  2. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Azura. (2014). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun pembelajaran 2017/2018. Asas: Jurnal Sastra, 6(1).
  4. Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  5. Darmadi, K. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis . Yogyakarta: Andi Offset.
  6. Departemen Pendidikan Nasional (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  7. Kemendikbud. (2013). Buku Paket Guru Bahasa Indonesia Kelas XI. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
  8. Kemendikbud. (2013). Buku Paket Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
  9. Kusumaningsih. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
  10. Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  11. Nurgiyantoro, B. (1995). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
  12. Priyanti, T. E. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Malang: Bumi Karsa.
  13. Rahayu, R. (2019). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa . (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).
  14. Saddhono, S. d. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Putra Darwati.
  15. Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
  16. Sudjana, I. D. (1989). Penelitian dan Penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Bandung.
  17. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  18. Sumiyati. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning dengan Bantuan Video Animasi. Bitnet. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 16-21.