Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokusi asertif guru pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu.  Penelitian ini mengangkat dua permasalahan yaitu : (1) bagaimana tindak tutur ilokusi asertif guru pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu, dan (2)   Bagaimana fungsi tindak tutur guru pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Sumber data dalam penelitian ini berupa tuturan asertif guru yang terjadi pada proses pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik rekam. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan ada lima tahap yaitu (1) mentranskripsikan data, (2) mengidentifikasi data, (3) mengklasifikasi data, (4) menginterpretasi data, (5) menyimpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh tindak tutur asertif guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia meliputi tindak tutur ilokusi asertif menyatakan, tindak tutur ilokusi asertif memberitahukan, tindak tutur ilokusi asertif menyarankan, dan tindak tutur ilokusi asertif melaporkan. Serta fungsi tindak tutur yang ditemukan yaitu bekerja sama (Collaborative) yang terdiri dari tuturan menyatakan dan melaporkan.

Article Details

How to Cite
oktarina, rananda, Rahayu, N., & Eka Chandra Wardhana, D. (2023). Tindak Tutur Ilokusi Asertif Guru Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu: Assertive illocutionary speech acts of teachers in Indonesian subjects at SMPN 15 Bengkulu City. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3), 421–432. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/24637

References

  1. Abdullah. (2018). Berbagai Metodologi Dalam Penelitian Pendidikan dan Manajemen. Sumata-Gowa: Gunadarma Ilmu
  2. Adhiguna, I. M. (2019). Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI MIPA 7 SMA N 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Universitas Mahasaraswati Denpasar, 206.
  3. Adria, (2021). Analisis Tindak Tutur Asertif Guru Di SD Inpres Duyu. Jurnal Fisip Untad 8(2). 203
  4. Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. 2009. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Presindo
  5. Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta
  6. Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. (1995). Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta
  7. Cummings, Louise 2007. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidispliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  8. Djajasudarma, Fatima. (2006). Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refika Aditama.
  9. Djajasudarma, Fatima.( 2012) Wacana dan Pragmatik. Bandung: PT Refika Aditama.
  10. Ekasani, dkk (2021). Tindak Tutur Pramusaji Restoran Di Masa Pandemi Covid-19. Mahadewa, 22(2).
  11. Hajija Siti. (2017). Tindak Tutur Ilokusi Guru Bahasa Indonesia Pada Proses Pembelajaran Di Kelas XI IPA 1 SMAN 9 Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  12. Hasnita, D. F. (2021).Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMPN 09 Lebong Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Bengkulu: Iain Bengkulu.
  13. Isnaini, dkk. (2021) Tindak Tutur Asertif Dalam Novel Calabai Karya Pepi Al-Bayqunie. Bajangjournal, 1(3).
  14. Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik (Diterjemahkan oleh M.D.D OKA). Jakarta: Balai Pustaka.
  15. Marini, N & Rizki RP. (2021) Tindak Tutur Ilokusi Pada Novel "Guru Aini" Karya Andrea Hirata. Ejournal Stkipbbm, 12(1).
  16. Mey, Jacob L. 1998. Concise Encyclopedia of Pragmatic. Oxford: Blackwell
  17. Minarti, A.M (2020). Tindak Tutur Asertif dan Formula Materi Ajar. Jurnal Untidar.(5)1.1-2
  18. Moleong J. Lexy (2017) Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-36. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
  19. Monica, I.D. (2020). Tindak Tutur Asertif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Inkluisi SMP Muhammadiyah 2 Malang. Malang: Universitas Malang.
  20. Nadar. (2009). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  21. Rahardi, Kunjana. (2009) Sosiopragmatik. Jakarta: Erlangga
  22. Rismawati. (2018). Analisis Jenis Tindak Tutur Ilokusi Aktor dalam Pementasan Drama "Senja dengan dua kelelawar" Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.
  23. Rohmadi, M. (2017) Pragmatik Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka
  24. Santoso, A.P. (2017). Tindak tutur asertif Ustad Wijayanto dalam peristiwa tutur "Tanya Ustad Wijayanto" pada acara Hitam Putih Trans 7. Tindak Diterbitkan. Skripsi. Jember: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
  25. Sari, Ririn Riana. (2017). Tindak Tutur Asertif Pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX Dan Implikasinya. Lampung: Universitas Lampung.
  26. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
  27. Sumiati, Sutik (2013) Tindak Tutur Ekspresif Guru Terhadap Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP N 7 Jember. Disertasi:Universitas Jember
  28. Suwito. (1983). Pengantar Awal Sosiolinguistik: Teori dan Problema. Surakarta: Henry Offset
  29. Tarigan, Henry Guntur. (1990).Pengajaran Pragmatik. Bandung:Angkasa
  30. ____________. (2009). Pengajaran Pragmatik. Bandung: CV Angkasa
  31. Tiyas, R.N. (2020). Analisis Tindak Tutur Asertif Guru Dalam Proses Pembelajaran Di SMP Muhammadiyah 6 Dau Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.
  32. Wardhana, D. E. C., Imam, S. I., Suparno, S., & Ah, R. u. (2006). Representasi Tindak Tutur Direktif Penutur Jawa Pendatang dalam Komunikasi Lisan Masyarakat Multietnik di Bengkulu (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu)
  33. Wijana, I Dewa Putu. (1996). Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta:Andi Yogyakarta
  34. Yule, George. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar