Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dan faktor penyebab terjadinya campur kode dalam pembelajaran di kelas X MA PPMD Kepahiang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu tuturan guru dan siswa. Data pada penelitian ini yaitu tuturan guru dan siswa yang mengandung campur kode dalam pembelajaran di kelas X MA PPMD Kepahiang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik rekam, simak, dan wawancara. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini (1) transkripsi data (2) identifikasi data (3) klasifikasi data (4) interpretasi data (5) penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat campur kode dan faktor penyebabnya pada penggunaan bahasa dalam pembelajaran yang berbentuk kata 10, frasa 3, klausa 2, pengulangan kata 2, baster 1. Bentuk tersebut terdiri atas beberapa kelas kata yaitu nomina, verba, non verba, adjektiva, pronomina, numeralia, adverbia, interogativa, preposisi, konjungsi, fatis, pengulangan seluruh dan perubahan fonem. Adapun faktor yang mempengaruhinya yaitu (1) faktor penutur (2) faktor kebahasaan terdapat 4 faktor yang mempengaruhinya yaitu keterbatasan penggunaan kode, penggunaan istilah yang lebih populer, pembicara dan pribadi pembicara, membangkitkan rasa humor. Faktor inilah yang dapat menghalangi guru untuk mentransfer ilmunya dengan baik sehingga penyampaian yang disampaikan guru tidak utuh dan akan mempengaruhi profesionalisme guru.
Article Details
Copyright (c) 2023 Hayun Istikomah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ainiyah, Nur. 2016. Identitas Diri dan Makna Guru Profesional sebagai Komunikator Pendidikan (Perspektif Fenomenologis). Institut Agama Islam Ibrahimy Situbondo. JPII. Vol 1. No 1
- Al-Ahdal, Arif Ahmed Mohammed Hassan. 2020. Code Mixing in Arabic Conversations of College Students: A Sociolinguistic Study of Attitudes to Switching to English. The Asian ESP Journal. Vol 16. 6-19
- Chaer, A., & Agustina, L. 2014. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Kridalaksana, Harimurti.2008. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
- Ramlan, M. 2001. Morfologi.Yogyakarta: C.V. Karyono.
- Suandi, I. N. 2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Suwito. 1983. Pengantar Awal Sosiolinguistik. Surakarta: Henary Offest Solo.
References
Ainiyah, Nur. 2016. Identitas Diri dan Makna Guru Profesional sebagai Komunikator Pendidikan (Perspektif Fenomenologis). Institut Agama Islam Ibrahimy Situbondo. JPII. Vol 1. No 1
Al-Ahdal, Arif Ahmed Mohammed Hassan. 2020. Code Mixing in Arabic Conversations of College Students: A Sociolinguistic Study of Attitudes to Switching to English. The Asian ESP Journal. Vol 16. 6-19
Chaer, A., & Agustina, L. 2014. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Kridalaksana, Harimurti.2008. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
Ramlan, M. 2001. Morfologi.Yogyakarta: C.V. Karyono.
Suandi, I. N. 2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suwito. 1983. Pengantar Awal Sosiolinguistik. Surakarta: Henary Offest Solo.