Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Indonesia dalam perspektif penguatan literasi yang dirasakan oleh guru dan siswa di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Informan penelitian yaitu guru bahasa Indonesia dan siswa di kelas XII Teknik Kendaraan Ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik rekaman video, dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menerapkan kegiatan literasi tingkat rendah dalam pembelajaran bahasa indonesia. Hal ini dikarenakan konsep dasar literasi yaitu kemampuan berbahasa dan berpikir. Sedangkan, dalam proses pembelajaran peneliti menemukan minimnya kemampuan berbahasa dan rendahnya kemampuan berpikir. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat menimbulkan problematika pembelajaran bahasa Indonesia dalam perspketif penguatan literasi yang meliputi: penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik, pemilihan metode pembelajaran yang tidak bervariasi, sumber belajar yang tidak menunjang kegiatan literasi, dan pemahaman guru mengenai literasi dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Problematika, Program Literasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Ike Amelia, Agus Trianto, Padi Utomo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Edwards Dee. (2009). Literacy and Learning Languages : Strategies for Teaching and Assesment. Auckland. The University of Auckland.
- Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 211–222. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
- Nandang, S. H. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Akademika, 37(1), 83.
- Trianto Agus, H. R. (2021). Literasi 4.0 Teori dan Program. Radja Grafindo Persada.
Referensi
Edwards Dee. (2009). Literacy and Learning Languages : Strategies for Teaching and Assesment. Auckland. The University of Auckland.
Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 211–222. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
Nandang, S. H. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Akademika, 37(1), 83.
Trianto Agus, H. R. (2021). Literasi 4.0 Teori dan Program. Radja Grafindo Persada.