Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Indonesia dalam perspektif penguatan literasi yang dirasakan oleh guru dan siswa di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Informan penelitian yaitu guru bahasa Indonesia dan siswa di kelas XII Teknik Kendaraan Ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik rekaman video, dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menerapkan kegiatan literasi tingkat rendah dalam pembelajaran bahasa indonesia. Hal ini dikarenakan konsep dasar literasi yaitu kemampuan berbahasa dan berpikir. Sedangkan, dalam proses pembelajaran peneliti menemukan minimnya kemampuan berbahasa dan rendahnya kemampuan berpikir. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat menimbulkan problematika pembelajaran bahasa Indonesia dalam perspketif penguatan literasi yang meliputi: penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik, pemilihan metode pembelajaran yang tidak bervariasi, sumber belajar yang tidak menunjang kegiatan literasi, dan pemahaman guru mengenai literasi dalam pembelajaran.


 


Kata Kunci: Problematika, Program Literasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia.


 


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Amelia, I., Trianto, A., & Utomo, P. (2024). I Jurnal Imiah: Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Perspektif Penguatan Literasi di SMK Negeri 2 Kota Bnegkulu. Jurnal Korpus, 8(2), 189–202. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/24652

Referensi

  1. Edwards Dee. (2009). Literacy and Learning Languages : Strategies for Teaching and Assesment. Auckland. The University of Auckland.
  2. Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 211–222. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
  3. Nandang, S. H. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Akademika, 37(1), 83.
  4. Trianto Agus, H. R. (2021). Literasi 4.0 Teori dan Program. Radja Grafindo Persada.