Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi kemampuan membaca pemahaman teks berita dengan kemampuan menulis teks berita siswa kelas IX SMPN 17 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas IX SMPN 17 Kota Bengkulu dengan jumlah 158 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan rumus uji korelasi product moment. Hasil Penelitian menunjukkan kemampuan membaca pemahaman teks berita siswa memiliki tingkat kemampuan membaca pemahaman teks berita tingkat tinggi. Kemampuan menulis teks berita siswa memiliki kemampuan menulis teks berita tingkat tinggi. Uji hipotesis diperoleh r hitung 0,839 bahwa nilai kemampuan membaca pemahaman teks berita dengan kemampuan menulis teks berita siswa kelas IX SMPN 17 Kota Bengkulu mempunyai tingkat korelasi sangat kuat. Hasil ini berarti kemampuan membaca pemahaman teks berita yang baik akan diikuti dengan kemampuan menulis teks berita yang baik juga.
Article Details
Copyright (c) 2023 Susanti, Didi Yulistio, Rio Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agustina. 2008. Pembelajaran Keterampilan Membaca. Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBBS UNP.
- Akhadiah, dkk. 1989. Pembinaan kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
- Arikunto, Surhasimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Basuni, Achmad. 2002. Dasar-dasar Jurnalistik. Surabaya: Kartika.
- Djuharie, Otong Setiawan dan Suherli. 2005. Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: Yrama Widya.
- Hafni. 1981. Pemilihan dan Pengembangan Bahan Pengajaran Membaca. Jakarta: P3G.
- Hasnun, Anwar. 2006. Pedoman Menulis Untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
- Ishak, Saidulkarnain. 2014. Cara Menulis Mudah. Jakarta: Elex Media Komputindo.
- Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang: Dari Persiapan Hingga Presentasi Dari Karangan Ilmiah Hingga Sastra. Bandung: Nuansa Cendekia.
- Kridalaksana, Harimurti. 1984. Kamus Linguistik. Jakarta: Pustaka Utama.
- Munaf, Yarni. 2008. Rangkuman Keterampilan Membaca. Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBBS UNP.
- Nurgiantoro, Burhan. 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
- Nurhadi. 1989. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: CV. Sinar Baru.
- Rajudin, Abdullah Aziz. 2021. Ayo Mengenal Unsur 5W+1H dalam Bahasa Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/447449/ayo-mengenal-unsur-5w1h-dalam-bahasa-indonesia diakses pada 7 Maret 2022 pukul 13.52 WIB.
- Riduwan. 2013. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
- Sary, Deby Purnama.2020. “Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1),halaman 39-49. http://repository.unp.ac.id/26948/
- Soedarso. 1989. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Pustaka Utama.
- Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu
- Sugiyono.2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.
- Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Suparno dan Muhammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
- Tampubolon, Daulat Purnama. 1991. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
- Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
- Wahyuni, Yuyun. 2012. Dasar-dasar Statistik Deskriptif. Yogyakarta: Nuha Medika.
References
Agustina. 2008. Pembelajaran Keterampilan Membaca. Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBBS UNP.
Akhadiah, dkk. 1989. Pembinaan kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Surhasimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Basuni, Achmad. 2002. Dasar-dasar Jurnalistik. Surabaya: Kartika.
Djuharie, Otong Setiawan dan Suherli. 2005. Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: Yrama Widya.
Hafni. 1981. Pemilihan dan Pengembangan Bahan Pengajaran Membaca. Jakarta: P3G.
Hasnun, Anwar. 2006. Pedoman Menulis Untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Ishak, Saidulkarnain. 2014. Cara Menulis Mudah. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang: Dari Persiapan Hingga Presentasi Dari Karangan Ilmiah Hingga Sastra. Bandung: Nuansa Cendekia.
Kridalaksana, Harimurti. 1984. Kamus Linguistik. Jakarta: Pustaka Utama.
Munaf, Yarni. 2008. Rangkuman Keterampilan Membaca. Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBBS UNP.
Nurgiantoro, Burhan. 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
Nurhadi. 1989. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: CV. Sinar Baru.
Rajudin, Abdullah Aziz. 2021. Ayo Mengenal Unsur 5W+1H dalam Bahasa Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/447449/ayo-mengenal-unsur-5w1h-dalam-bahasa-indonesia diakses pada 7 Maret 2022 pukul 13.52 WIB.
Riduwan. 2013. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sary, Deby Purnama.2020. “Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1),halaman 39-49. http://repository.unp.ac.id/26948/
Soedarso. 1989. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Pustaka Utama.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono.2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno dan Muhammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Tampubolon, Daulat Purnama. 1991. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyuni, Yuyun. 2012. Dasar-dasar Statistik Deskriptif. Yogyakarta: Nuha Medika.