Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 341 siswa dengan teknik random sampling 51 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis teks berita dengan tema prestasi sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong adalah 72,09 (tinggi). Adapun kemampuan masing-masing aspeknya, yaitu rata-rata kemampuan menulis teks berita pada aspek unsur-unsur berita tergolong tinggi dengan nilai rata-rata siswa 23,64, aspek struktur berita tergolong sedang dengan nilai rata-rata siswa 14,71, aspek kebahasaan tergolong tinggi dengan nilai rata-rata siswa 14,16, aspek diksi terrgolong tinggi dengan nilai rata-rata siswa 12,08, dan aspek PUEBI tergolong tinggi dengan nilai rata-rata siswa 7,5. Rincian kemampuan menulis teks berita siswa yaitu: 7 siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi, 20 siswa termasuk dalam kategori tinggi, 18 siswa termasuk dalam kategori sedang, 6 siswa termasuk dalam kategori rendah. Dan tidak ada siswa dengan kategori sangat rendah.
Article Details
Copyright (c) 2023 Viona Dwi Putri, Padi Utomo, Agus Joko Purwadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Suherli, Mamam, Aji, & Istiqomah. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Katalog Dalam terbitan.
- Sumadiria, Haris. 2019. Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
- Sukino, 2010. Menulis itu Mudah. Yogyakarta: PT LKIS printing cemerlang.
- Tarigan, Henry Guntur. 2018. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
- Tatalia, R. G. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Panti. Jurnal Gramatika, 3(1), 59-73
References
Suherli, Mamam, Aji, & Istiqomah. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Katalog Dalam terbitan.
Sumadiria, Haris. 2019. Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Sukino, 2010. Menulis itu Mudah. Yogyakarta: PT LKIS printing cemerlang.
Tarigan, Henry Guntur. 2018. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tatalia, R. G. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Panti. Jurnal Gramatika, 3(1), 59-73