Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks resensi cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari jumlah populasi. Teknik sampling yang diterapkan adalah sample random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa penugasan kepada siswa untuk menulis resensi cerpen Pustaka Papa karya Yovi Guantara Tanjung. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis teks resensi cerpen siswa tergolong baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 71,12. Pada aspek struktur tergolong cukup dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 23,11, aspek penggunaan kalimat tergolong baik dengan nilai rata-rata16,40, aspek pemilihan kata atau diksi tergolong baik dengan nilai rata-rata 15,72, aspek penggunaan ejaan tergolong cukup dengan nilai rata-rata 15,82.
Kata Kunci: kemampuan, Menulis, Resensi, Cerpen Pustaka Papa Karya Yovi Guantara Tanjung
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Kurnia Lestari, Catur Wulandari, Padi Utomo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.