Main Article Content

Abstract

Anggeraeni, Dwi. 2022. Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Dr. Didi Yulistio, M.Pd., Pembimbing Pendamping Rio Kurniawan, M.Pd.


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan kuantitatif dan metode deskriptif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMA N 2 berjumlah 400 siswa sedangkan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling  yang berjumlah sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis. Sedangkan instrumen penelitian ini berupa petunjuk dan rubrik tes kemampuan menulis teks eksplanasi. Teknik analisis data menggunakan rumus nilai rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Bengkulu memiliki kategori cukup dengan nilai rata-rata 73.62 dilihat dari 5 aspek yaitu dari kemampuan khusus ketepatan isi dengan tema nilai rata-rata 23,84 kategori tinggi, aspek struktur nilai rata-rata 21,46 kategori sangat tinggi, pilihan kata nilai rata-rata 11.6 kategori cukup, kalimat efektif nilai rata-rata 10.01 kategori cukup dan ejaan nilai rata-rata 6,42 kategori cukup.

Article Details

How to Cite
Anggeraeni, D., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2023). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(2), 243–252. https://doi.org/10.33369/jik.v7i2.24679

References

  1. Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung. PT Refika Aditama.
  2. Andriani, Durri dkk. 2013. Metode Penelitian. Tangerang Selatan. Penerbit : Universitas Terbuka.
  3. Kemendikbud. 2018. Buku Bahasa Indonesia Kelas XI. Direktorat Pembinaan
  4. SMA-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Kemendikbud. 2019. Buku Teks Eksplanasi kelas XI SMA. Penerbit Erlangga.
  6. Mayangsari, Indah. 2021. Skripsi Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Bengkulu. Universitas Bengkulu.
  7. Mulyadi, Yadi. 2017. Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung : Yrama Widya.
  8. Normawati. 2017. Jurnal Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sentani Kabupaten Jayapura. Kibas Cenderawasih, Vol. 14, No. 2, Oktober 2017:221-236. Diunduh pukul 21.30 WIB 10 Maret 2022
  9. Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Badan Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
  10. Puspita, Else Sari. 2014. Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII Smp Negeri 14 Kota Bengkulu. Vol. 4 No. 3, 2020. Diunduh pukul 21.35 WIB 10 Maret 2022
  11. Priyatni, Endah Tri. 2017. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta. Penerbit : Bumi Angkasa.
  12. Rahmawati, Annisa dkk. 2013. Belajar Praktis Bahasa Indonesia Mata Pelajaran Wajib. Penerbit Viva Pakarindo. Jawa Tengah.
  13. Saddhono Kundharu dkk. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Yogyakarta. Penerbit Graha Ilmu.
  14. Susetyo. 2005. Bahasa Indonesia Dalam Komunikasi Formal. Bengkulu.
  15. Supriadi, Asep. 2020. Pilihan Kata (diksi). Universitas Komputer Indonesia.
  16. Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung.
  17. Syamsuddin, Rohana. 2021. Buku Keterampilan Berbahasa Indonesia. Universitas Negeri Makassar.
  18. Tarigan, Henry Guntur. 2018. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  19. Trianto, Agus. 2020. Mendeskripsikan Orang Hewan Objek [vidio file]. Diunduh dari https://youtu.be/TDGKNqZsnz4. Pukul 15.30 13 Juli 2022. Bengkulu.
  20. Widi, Endang Winarni. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu.