Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 326 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling yaitu sampel acak sebanyak 16% dari jumlah populasi sebesar 53 orang siswa. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu termasuk kategori tinggi dan nilai rata-rata 71,003. Hasil kemampuan menulis teks eksplanasi siswa secara khusus berdasarkan masing-masing aspek yaitu aspek kesesuaian isi dengan tema termasuk kategori sangat tinggi dan nilai rata-rata 17,016. Aspek struktur teks eksplanasi termasuk kategori tinggi dan nilai rata-rata 19,084. Aspek diksi termasuk kategori tinggi dan nilai rata-rata 15,637. Aspek kalimat efektif termasuk kategori tinggi dan nilai rata-rata 15,392. Aspek EBI termasuk kategori cukup dan nilai rata-rata 4,913.

Article Details

How to Cite
Sholeha, F., Utomo, P., & Joko Purwadi, A. (2023). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(2), 283–292. https://doi.org/10.33369/jik.v7i2.24683

References

  1. Finoza, Lamuddin. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
  2. Keraf, Gorys. 2006. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  3. Kosasih. 2017. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
  4. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  5. Pranowo. 2017. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Susetyo. 2015. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
  7. Suyanto, Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Ardana Media.