Main Article Content

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pidato persuasif yang bertema Corona Virus Disease (Covid-19) pada mahasiswa program studi S2 Pendidikan bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Kegiatan penelitian ini meliputi: (1) relevansi isi dengan tema, (2) struktur teks meliputi pendahuluan, isi, dan penutup, (3) pilihan kata atau diksi, (4) penggunaan kalimat formal, dan (5) mekanik atau ejaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif sederhana. Penelitian ini menggunakan populasi semua mahasiswa Program S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu, Semester Ganjil 2020/2021 atau menggunakan teknik total sampling, sebanyak 23 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik tes secara daring melalui zoom meeting. Instrumen penelitan berupa petunjuk tes menulis teks pidato persuasif. Analisis data menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan menulis teks Pidato Persuasif mahasiswa berkategori baik (rerata skor sebesar 82,13). Secara khusus, bahwa kemampuan menulis aspek (1) isi berkategori sangat baik,  (2) struktur teks kategori baik, (3) ketepatan pilihan kata atau diksi berkategori baik, (4) kalimat formal berkategori baik, dan (5) mekanik (ejaan) berkategori baik. Kelima aspek memberikan sumbangan yang berbeda-beda, yakni aspek isi sebanyak 20,81%, struktur sebanyak 29,81%, diksi sebanyak 20,0%, kalimat memberikan sumbangan 19,85%, dan ejaan sebanyak 9,53%. Hasil ini memberikan makna bahwa masih perlu upaya perbaikan kearah yang lebih baik (kecuali aspek pengembangan isi) hingga mencapai hasil maksimal.

Article Details

How to Cite
Yulistio, D. (2022). KEMAMPUAN MAHASISWA MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(2), 155–172. https://doi.org/10.33369/jik.v6i2.25771