Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifivitas penggunaan bahan ajar bermuatan kearifan lokal Melayu Bahari untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang. Menggunakan desain penelitian eksperimen dengan one group pretest dan posttest.  Sampel yang digunakan sebanyak 34 siswa yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian, yaitu tes unjuk kerja sebanyak 10 butir soal. Teknik analisis data kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan. Pertama, tes awal proses dimana siswa diuji kemampuan literasi kritisnya sebelum menggunakan bahan ajar bermuatan kearifan lokal Melayu bahari. Kedua, perlakuan proses dimana siswa diberi sebuah tindakan dan pembelajaran menggunakan bahan ajar bermuatan kearifan lokal Melayu bahari. Ketiga, tes akhir, yaitu proses siswa diberikan tes akhir untuk mengukur kemampuan literasi kritisnya setelah diberikan perlakuan menggunakan bahan ajar bermuatan kearifan lokal Melayu bahari. Hasil penelitian menunjukan data hasil pretest sebesar 56,71 dengan kualifikasi kurang sedangkan data hasil posttest sebesar 84,12 dengan kualifikasi baik. Selanjutnya, dilakukan pengujian hipotesis, hasilnya menunjukan bahwa penelitian dengan penggunaan bahan ajar bermuatan kearifan lokal Melayu bahari cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi kritis siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang.

Article Details

How to Cite
Safitri, R. M., Andheska, H., & Elfitra, L. (2023). Penggunaan Bahan Ajar Bermuatan Kearifan Lokal Melayu Bahari terhadap Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(3), 285–296. https://doi.org/10.33369/jik.v6i3.26111