Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifivitas penggunaan bahan ajar bermuatan kearifan lokal Melayu Bahari untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang. Menggunakan desain penelitian eksperimen dengan one group pretest dan posttest. Sampel yang digunakan sebanyak 34 siswa yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian, yaitu tes unjuk kerja sebanyak 10 butir soal. Teknik analisis data kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan. Pertama, tes awal proses dimana siswa diuji kemampuan literasi kritisnya sebelum menggunakan bahan ajar bermuatan kearifan lokal Melayu bahari. Kedua, perlakuan proses dimana siswa diberi sebuah tindakan dan pembelajaran menggunakan bahan ajar bermuatan kearifan lokal Melayu bahari. Ketiga, tes akhir, yaitu proses siswa diberikan tes akhir untuk mengukur kemampuan literasi kritisnya setelah diberikan perlakuan menggunakan bahan ajar bermuatan kearifan lokal Melayu bahari. Hasil penelitian menunjukan data hasil pretest sebesar 56,71 dengan kualifikasi kurang sedangkan data hasil posttest sebesar 84,12 dengan kualifikasi baik. Selanjutnya, dilakukan pengujian hipotesis, hasilnya menunjukan bahwa penelitian dengan penggunaan bahan ajar bermuatan kearifan lokal Melayu bahari cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi kritis siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang.
Article Details
Copyright (c) 2023 Reyke Mayang Safitri, Harry Andheska, Legi Elfitra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.