Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendefinisikan kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas IX SMPN 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif dengan memadukan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMPN 13 Kota Bengkulu yang berjumlah 172 orang. Namun, sampel yang akan digunakan pada sebanyak 23% dari populasi yang diambil secara acak (rendom sampling) 40 orang siswa yang akan mewakili jumlah populasi. Pemungutan data digunakan teknik tes menulis teks kemahiran menulis teks persuasi dinilai dari beberapa aspek seperti, aspek kesesuaian isi, aspek struktur teks persuasi, aspek diksi/pilihan kata, aspek kalimat efektif, dan aspek ejaan. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes. Teknik analisis data penelitian memakai statistik perhitungan skor sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum pemerolehan tingkat kemahiran menulis teks persuasi pada siswa kelas IX termasuk kategori baik dan skor rata-rata adalah 74,1875. Hasil penelitian pada siswa secara khusus pada setiap aspek yaitu (1) kesesuaian isi kategori baik dan skor rata-rata 20,1875 (2) struktur teks persuasi skor nilai rata-rata 15,525 (3) pilihan kata/diksi termasuk baik dan skor rata-rata 14,3 (4) kalimat efektif termasuk kategori baik dan skor rata-rata 15,0625 dan (5) ejaan termasuk kategori cukup dan nilai rata-rata 9,1125.

Article Details

How to Cite
Bepy, B. U., Gumono, & Yulistio, D. (2024). Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas IX SMPN 13 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 8(2), 242–249. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/26263

References

  1. Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
  2. Finoza, Lamuddin. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
  3. Kokasih, E. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  4. Kokasih, E. .., and Endang Kurniawan. 2019. “Jenis-Jenis Teks.” Bandung: Yrama Widya.
  5. Mustakim. 2014. Bentuk Dan Pilihan Kata. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Nurgiantoro, Burhan. 1995. Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: BFFE-Yogyakarta.
  7. Safitri, Lianawati W. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pusat Kajian Bahasa.
  8. Sasangka, Sri Satriya Tjatura Wisnu. 2014. Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia Kalimat. Jakarta: Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
  9. Suparno dan Yunus, Mohamad. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta:
  10. Universitas Terbuka.
  11. Susetyo. 2015. Penelitian Kuantitatif Dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universutas Bengkulu