Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh kemampuan siswa dalam menulis karangan puisi yang bertema ayah kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan penargetan kuantitatif. Semua 250 siswa dari kelas X MIPA SMA Negeri dijadikan sampel untuk esai ini. Sebaliknya, sampel yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada simple random sampling, atau sampel yang mewakili sekitar 18% dari populasi sekitar 45 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah berupa menulis puisi tes dengan topik yang disesuaikan dengan permasalahan yang ada, dan alat tulis yang digunakan adalah tes, khususnya teknik menulis lembar tes. Pendampingan siswa dalam menulis puisi ini bersumber dari berbagai aspek penilaian, seperti aspek diksi, aspek gaya bahasa, aspek imaji, dan aspek rima atau ritma. Dalam studi analisis data, peneliti menggunakan metode secara statistik yang memperhitungkan variasi rata-rata. Secara umum, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan tentang topik yang berkaitan dengan siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu termasuk mendekati titik potong 69,648. Hasil kemampuan menulis puisi berdasarkan aspek masing-masing, yaitu aspek kecocokan siswa isi dengan tema tema masuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 22,4 dalam kategori sangat tinggi. Aspek diksi didefinisikan sebagai kategori dengan nilai 13.322. Aspek Gaya Bahasa (majas) masuk dalam kategori teratas dengan rasio sebesar 13.477. Kualitas aspek imaji temasuk dalam nilai rendah dengan rerata 7.742. Kategori “aspek rima atau ritma” termasuk kategori tinggi dengan rerata maksimal 12.662.

Article Details

How to Cite
Deti, H., Wulandari, C., & Utomo, P. (2024). Kemampuan Menulıs Puısı Sıswa Kelas X MIPA SMA Negerı 7 Kota Bengkulu: Kemampuan Menulis Puisi dengan Tema Ayah pada Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 8(2), 271–280. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/26269

References

  1. Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
  2. Gumiarti, T., dan Y. Mariah. 2013. Kiat Praktis Menulis Puisi Teori dan Aplikasi. Bandung. Hatmo, K. T. 2021. Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. diedit oleh Sulistya Wibawa.
  3. Tulung, Klaten, Jawa Tengah: Lakeisha.
  4. Situmorang, P. B. 1980. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Medan: Penerbit Nusa Indah. Suryaman, Maman, dan Wiyatmi. 2013. Puisi Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
  5. Taringan, H. G. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keteampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.
  6. Wahyuni, Ristri. 2014. Kitab Lengkap Puisi, Prosa dan Pantun Lama. Jakarta: Saufa. Waluyo, H. J. 1991. Teori dan Apesiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
  7. Wardoyo, S. M. 2013. Teknik Menulis Puisi. Cetakan Pe. Yogyakarta: Graha Ilmu. Wiyanto, A. 2005. Kesusatraan Sekolah. Jakarta: Grasindo.