Main Article Content
Abstract
Menulis puisi melatih kreativitas siswa untuk bisa menuangkan ide gagasan ke dalam bentuk tulisan sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi dengan tema “Ulang Tahun Kota Curup” siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rejang Lebong yaitu 357 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes uraian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan mean (rata-rata). Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi dengan tema “Ulang Tahun Kota Curup” siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rejang Lebong dengan nilai rata-rata 53,1 yang dikategorikan kurang. Kemampuan pada setiap unsur pembangun puisi yang dinilai diantaranya 1). Rata-rata kamampuan menulis puisi berdasarkan kesesuaian isi puisi dengan tema diperoleh nilai 10,6 dengan kategori baik. 2). Rata-rata kemampuan menulis puisi berdasarkan kesesuaian puisi dengan unsur diksi diperoleh nilai 10,5 dengan kategori cukup. 3). Rata-rata kemampuan menulis puisi berdasarkan kesesuaian puisi dengan unsur gaya bahasa diperoleh nilai 8 dengan kategori kurang. 4). Rata-rata kemampuan menulis puisi berdasarkan kesesuaian puisi dengan unsur imaji diperoleh nilai 12,5 dengan kategori cukup. 5) Rata-rata kemampuan menulis puisi berdasarkan kesesuaian puisi dengan unsur amanat diperoleh nilai 9,2 dengan kategori cukup.
Article Details
Copyright (c) 2024 Bunga Claudia, Rio Kuniawan, Noermanzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Awalludin, H. (2020). Keterampilan Menulis Akademik. Serang: Media Madani. Dalman, H. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Damayanti, I. (2016). Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Menjelma Sesuatu Dengan Bermediakan Kartu Petunjuk Pada Siswa Kelas VIII SMP IT. https://lib.unnes.ac.id/26560/%0Ahttp://lib.unnes.ac.id/26560/1/210141103 7.pdf
- Hapidah. (2020). Deskripsi Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Watampone. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(1), 106–113.
- https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i1.3128
- Mahmud, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Mulqiyah, Z. (2018). Kemampuan Menulis Puisi dengan Penggunaan Media Audio
- Lagu Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2017/2018.
- Novia, L. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Pembelajaran Kolaboratif (Penelitian Tindakan Kelas di SMK Prima Unggul, Ciledug).
- Sekretari, 5(1), 12. https://doi.org/10.32493/skr.v5i1.2037
- Pradopo, R. D. (2014). Pengkajian Puisi. Jakarta: Gadjah Mada University Press. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
- Waluyo, J. H. (1991). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
References
Awalludin, H. (2020). Keterampilan Menulis Akademik. Serang: Media Madani. Dalman, H. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Damayanti, I. (2016). Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Menjelma Sesuatu Dengan Bermediakan Kartu Petunjuk Pada Siswa Kelas VIII SMP IT. https://lib.unnes.ac.id/26560/%0Ahttp://lib.unnes.ac.id/26560/1/210141103 7.pdf
Hapidah. (2020). Deskripsi Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Watampone. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(1), 106–113.
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i1.3128
Mahmud, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Mulqiyah, Z. (2018). Kemampuan Menulis Puisi dengan Penggunaan Media Audio
Lagu Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2017/2018.
Novia, L. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Pembelajaran Kolaboratif (Penelitian Tindakan Kelas di SMK Prima Unggul, Ciledug).
Sekretari, 5(1), 12. https://doi.org/10.32493/skr.v5i1.2037
Pradopo, R. D. (2014). Pengkajian Puisi. Jakarta: Gadjah Mada University Press. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Waluyo, J. H. (1991). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.