Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak
Menulis puisi melatih kreativitas siswa untuk bisa menuangkan ide gagasan ke
dalam bentuk tulisan sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kemampuan menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi dengan tema “Ulang
Tahun Kota Curup” siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Metode yang
digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua
siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rejang Lebong yaitu 357 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes uraian. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan perhitungan mean (rata-rata). Hasil penelitian
ini menunjukkan kemampuan menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi
dengan tema “Ulang Tahun Kota Curup” siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rejang
Lebong dengan nilai rata-rata 53,1 yang dikategorikan kurang. Kemampuan pada
setiap unsur pembangun puisi yang dinilai diantaranya 1). Rata-rata kamampuan
menulis puisi berdasarkan kesesuaian isi puisi dengan tema diperoleh nilai 10,6
dengan kategori baik. 2). Rata-rata kemampuan menulis puisi berdasarkan
kesesuaian puisi dengan unsur diksi diperoleh nilai 10,5 dengan kategori cukup. 3).
Rata-rata kemampuan menulis puisi berdasarkan kesesuaian puisi dengan unsur
gaya bahasa diperoleh nilai 8 dengan kategori kurang. 4). Rata-rata kemampuan
menulis puisi berdasarkan kesesuaian puisi dengan unsur imaji diperoleh nilai 12,5
dengan kategori cukup. 5) Rata-rata kemampuan menulis puisi berdasarkan
kesesuaian puisi dengan unsur amanat diperoleh nilai 9,2 dengan kategori cukup.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Puisi, Pengalaman Pribadi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Claudia, B., Kuniawan, R., & Noermanzah. (2024). B Kemampuan Menulis Berdasarkan Puisi Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Rejang Lebong: Kemampuan Menulis Berdasarkan Puisi Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Jurnal Korpus, 8(2), 260–270. https://doi.org/10.33369/jik.v8i2.26293

Referensi

  1. Awalludin, H. (2020). Keterampilan Menulis Akademik. Serang: Media Madani. Dalman, H. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  2. Damayanti, I. (2016). Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Menjelma Sesuatu Dengan Bermediakan Kartu Petunjuk Pada Siswa Kelas VIII SMP IT. https://lib.unnes.ac.id/26560/%0Ahttp://lib.unnes.ac.id/26560/1/210141103 7.pdf
  3. Hapidah. (2020). Deskripsi Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Watampone. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(1), 106–113.
  4. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i1.3128
  5. Mahmud, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Mulqiyah, Z. (2018). Kemampuan Menulis Puisi dengan Penggunaan Media Audio
  6. Lagu Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2017/2018.
  7. Novia, L. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Pembelajaran Kolaboratif (Penelitian Tindakan Kelas di SMK Prima Unggul, Ciledug).
  8. Sekretari, 5(1), 12. https://doi.org/10.32493/skr.v5i1.2037
  9. Pradopo, R. D. (2014). Pengkajian Puisi. Jakarta: Gadjah Mada University Press. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  10. Waluyo, J. H. (1991). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.