Main Article Content

Abstract

Menulis puisi melatih kreativitas siswa untuk bisa menuangkan ide gagasan ke dalam bentuk tulisan sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi dengan tema “Ulang Tahun Kota Curup” siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rejang Lebong yaitu 357 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes uraian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan mean (rata-rata). Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi dengan tema “Ulang Tahun Kota Curup” siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rejang Lebong dengan nilai rata-rata 53,1 yang dikategorikan kurang. Kemampuan pada setiap unsur pembangun puisi yang dinilai diantaranya 1). Rata-rata kamampuan menulis puisi berdasarkan kesesuaian isi puisi dengan tema diperoleh nilai 10,6 dengan kategori baik. 2). Rata-rata kemampuan menulis puisi berdasarkan kesesuaian puisi dengan unsur diksi diperoleh nilai 10,5 dengan kategori cukup. 3). Rata-rata kemampuan menulis puisi berdasarkan kesesuaian puisi dengan unsur gaya bahasa diperoleh nilai 8 dengan kategori kurang. 4). Rata-rata kemampuan menulis puisi berdasarkan kesesuaian puisi dengan unsur imaji diperoleh nilai 12,5 dengan kategori cukup. 5) Rata-rata kemampuan menulis puisi berdasarkan kesesuaian puisi dengan unsur amanat diperoleh nilai 9,2 dengan kategori cukup.

Article Details

How to Cite
Claudia, B., Kuniawan, R., & Noermanzah. (2024). kemampuan menulıs puısı pengalaman prıbadı sıswa kelas IX SMPN 2 Rejang Lebong: Kemampuan Menulis Berdasarkan Puisi Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah KORPUS, 8(2), 260–270. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/26293

References

  1. Awalludin, H. (2020). Keterampilan Menulis Akademik. Serang: Media Madani. Dalman, H. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  2. Damayanti, I. (2016). Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Menjelma Sesuatu Dengan Bermediakan Kartu Petunjuk Pada Siswa Kelas VIII SMP IT. https://lib.unnes.ac.id/26560/%0Ahttp://lib.unnes.ac.id/26560/1/210141103 7.pdf
  3. Hapidah. (2020). Deskripsi Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Watampone. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(1), 106–113.
  4. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i1.3128
  5. Mahmud, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Mulqiyah, Z. (2018). Kemampuan Menulis Puisi dengan Penggunaan Media Audio
  6. Lagu Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2017/2018.
  7. Novia, L. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Pembelajaran Kolaboratif (Penelitian Tindakan Kelas di SMK Prima Unggul, Ciledug).
  8. Sekretari, 5(1), 12. https://doi.org/10.32493/skr.v5i1.2037
  9. Pradopo, R. D. (2014). Pengkajian Puisi. Jakarta: Gadjah Mada University Press. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  10. Waluyo, J. H. (1991). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.