Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini hasil kerja cerpen siswa dan sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI TBSM berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis cerpen dengan instrumen berupa petunjuk menulis cerpen dengan tema “sepeda motor” dan pedoman penilaian kemampuan menulis cerpen berdasarkan lima komponen, meliputi aspek isi, aspek struktur, aspek diksi, aspek kalimat naratif, serta aspek EBI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini statistik sederhana dengan menghitung rata-rata. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan menulis cerpen siswa pada kelas XI TBSM SMK Negeri 2 Kota Bengkulu berkategori rendah. Hal ini berdasarkan pada skor seluruh komponen dengan rata-rata nilai sebesar 46,07. Artinya, siswa belum memiliki kemampuan yang memadai dalam menulis teks cerpen, masih perlu ditingkatkan lagi agar mencapai hasil yang lebih baik. Secara khusus lima aspek kemampuan menulis cerpen siswa sudah dicapai dengan kategori rendah, yakni (1) aspek isi, dan (2) aspek struktur, serta (3) aspek diksi, (4) aspek kalimat naratif, dan (5) aspek EBI berkategori cukup. Adapun nilai rata-rata yang diperoleh siswa yakni, (1) aspek isi sebesar 9,95, (2) aspek struktur sebesar 8,02, (3) aspek diksi sebesar 8,90, (4) aspek kalimat efektif sebesar 8,76, dan (5) aspek EBI sebesar 8,45.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, A., Joko Purwadi, A., & Yulistio, D. (2024). Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI TBSM SMKN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 8(1), 54–62. https://doi.org/10.33369/jik.v8i1.26294

References

  1. Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa Indah
  2. Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
  3. Kosasih. 2012. Bersastra, Dasar-dasar Keterampilan. Bandung: Yrama Widya.
  4. Kridalaksana, Harimurti. 2004. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
  5. Kusmayadi, Ismail. 2010. Lebih Dekat dengan Cerpen. Jakarta: Trias Yoga Kreasindo.
  6. Mahsun. 2014. Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Rajawali Pers. Nurgiyanto, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University
  7. Press.
  8. Rozak, D.L. 2017. Pengaruh Model Kelompok Investigasi Terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Instr insik Cerpen Pada Siswa Kelas V SD.
  9. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  10. Yunus, Syafrudin. 2015. Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.